Seleksi JPTP Merauke Memasuki Tes Karya Tulis

Seleksi JPTP Merauke Memasuki Tes Karya Tulis

Suasana seleksi JPTP Kabupaten Merauke

Metro Merauke – Sebanyak 43 aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Merauke, Papua yang kini mengikuti seleksi terbuka pimpinan tinggi pratama yang memasuki tes penulisan makalah atau karya tulis, Selasa (8/8).

Selain Sekda Merauke, Daniel Pauta yang merupakan ketua tim panitia seleksi, hadir pula tim seleksi dari Provinsi Papua, Agustinus Fatem yang memberikan arahan sesaat sebelum seleksi dilakukan.

Agustinus Fatem, Dosen Universitas Cendrawasih itu mengatakan, dalam menyeleksi pejabat tinggi pratama yang nantinya akan mengisi jabatan sebagai asisten bupati maupun kepala dinas, menggunakan sistem gugur, dimana telah dilalui tahapan seleksi administrasi dan psikologi.

Menurut Fatem, tahapan penulisan makalah ini menjadi bagian penting. Dalam tes ini, akan diuji ketajaman berpikir, gagasan, ide, serta inovasi yang akan dikerjakan para pejabat jika menduduki suatu jabatan.

“Calon pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) harus memiliki pemikiran-pemikiran yang strategis untuk mendukung tercapainya pelaksanaan visi-misi bupati,” katanya, Selasa (8/8).

Ia menambahkan, tes seperti ini sangat diperlukan, karena jabatan tinggi pratama harusnya paripurna. Lewat tes penulisan makalah ini, pejabat eselon II diharapkan mampu menemukan inovasi yang sesuai dengan visi misi pemerintah setempat.

Setelah mengikuti tes penulisan makalah atau karya tulis, para peserta akan dihadapkan dengan tahapan seleksi wawancara atau tes terakhir.

Hasilnya menjadi acuan tim pansel melaporkan hasil seleksi ke Komisi Aparatur Sipil Negara kemudian diserahkan ke bupati untuk memutuskan dan memilih nama pejabat yang akan menduduki jabatan tertentu. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement