RI-PNG Sepakati Waktu Pelintas Batas di Sota, Merauke

RI-PNG Sepakati Waktu Pelintas Batas di Sota, Merauke

Para pelintas batas dari Negara PNG yang rutin tiap hari datang di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Pelayanan pemeriksaan keimigrasian pelintas batas tradisional di Pos Imigrasi Sota, Kabupaten Merauke, Papua yang merupakan perbatasan RI-Papua Nugini dilakukan secara rutin setiap hari.

Pelaksana tugas (plt) Kepala Imigrasi Merauke, Asran Siregar mengatakan, kedua negara (RI-PNG) menyepakati waktu pemberian izin keluar oleh WNI maupun pelintas batas dari PNG yakni sejak pukul 08.00 WIT-17.00 WIT.

“Itu bertujuan menjaga keamanan serta ketertiban bagi pelintas batas tradisional. Kami tak pernah menutup Pos Imigrasi di Sota, selama tak ada permintaan atau pemberitahuan dari pejabat berwenang kedua belah pihak,” katanya, Jumat (4/8).

Penutupan pos atau larangan keluar-masuk menurut dia, akan diberlakukan sementara waktu jika sedang dalam situasi khusus. Dimana dinyatakan oleh pejabat berwenang kalau ada pemilu atau pilkada maupun situasi lainnya.

“Selama ini staf saya selalu ada di Pos Imigrasi Sota melayani pelintas batas dari Negara PNG yang masuk. Tidak pernah kantornya ditutup. Saya perlu berikan klarifikasi kembali agar menjadi lebih jelas,” ujarnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement