Kadis Kelautan dan Perikanan Janji Bantu Pasarkan Tangkapan Nelayan

Kadis Kelautan dan Perikanan Janji Bantu Pasarkan Tangkapan Nelayan

Ikan hasil tangkapan nelayan lokal yang terbuang begitu saja di beberapa kampung di Distrik Waan, Kabupaten Merauke

Metro Merauke – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Merauke, Suhono Suryo  berjanji akan membangun komunikasi bersama investor untuk membeli hasil tangkapan ikan nelayan lokal di kampung-kampung di Distrik Waan secara rutin.

Hal itu disampaikan Suryo kepada Metro Merauke usai pertemuan dengan DPRD Merauke, Kamis (3/8). “Tentunya kita harus memberikan pemaparan secara detail terlebih dahulu kepada investor, terkait beberapa hal penting mulai dari topografi wilayah serta jenis ikan yang dijaring setiap hari oleh masyarakat di sana,” katanya.

“Kita tahu bersama, Distrik Waan adalah salah satu daerah yang sangat jauh, sehingga ketika kapal beroperasi menampung ikan masyarakat, perlu perhitungan matang tentang biaya yang dibutuhkan,” ujarnya lagi.

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri, potensi ikan di Distrik Waan sangat banyak. Selama ini, setelah nelayan lokal menjaring, hanya mengambil gelembung yang harganya terus naik, sedangkan ikan dibuang atau dikuburkan.

Ia berjanji dalam waktu dekat, stafnya akan melakukan survei ke beberapa kampung di distrik itu dan memprogramkan pelatihan terhadap masyarakat tentang proses pengolahan ikan asin.

“Saya berharap kerjasama dan dukungan dari beberapa instansi agar program dimaksud dapat dilaksanakan. Tentunya kami tak bisa sendirian memberikan pelatihan,” imbuhnya.

Dikatakan, pelatihan pembuatan ikan asin sangat tepat. Namun, kuncinya adalah pemasaran. Kalau tak ada orang yang siap membeli, sama saja sia-sia kerja keras masyarakat setempat.  (LKF/Arjuna)

 

Advertisement

1 komentar