KSC Bangun Tugu Nol Kilometer Merauke-Sabang Secara Swadaya

KSC Bangun Tugu Nol Kilometer Merauke-Sabang Secara Swadaya

Sesepuh KSC Merauke, Romanus Mbaraka bersama anggota KSC sedang foto bersama di tugu nol KM Merauke-Sabang

Metro Merauke – Scoother Club (KSC) Merauke, Papua membangun tugu bertuliskan “Nol Kilometer Merauke-Sabang” secara swadaya di Distrik Sota, Merauke yang merupakan perbatasan RI-Papua Nugini.

Pemasangan huruf tugu telah rampung dan kini menunggu penyelesaian taman serta pembangunan prasasti, kandara maupun rumah semut.

Ketua KSC Merauke, Slamet Haryadi kepada Metro Merauke, Senin (1/8) mengatakan, sejak dua tahun silam telah direncanakan pembangunan tugu nol kilometer Merauke-Sabang.

Namun, baru direalisasikan tahun ini, karena pembangunannya secara umum dilakukan dengan swadaya dari anggota KSC maupun beberapa komunitas motor lain.

“Kami juga berterimakasih kepada Bapak Romanus Mbaraka sebagai sesepuh KSC yang memberikan dukungan dan terus mengawasi pekerjaan setiap hari. Juga beberapa donatur yang memberikan dukungan,” katanya.

Pembangunan tugu Nol Kilometer Merauke-Sabang ini menjadi destinasi wisata baru di daerah perbatasan Sota. Selain itu, dengan tugu dimaksud, juga untuk kemaslahatan masyarakat Sota, terutama Suku Kanum.

“Kita semua tahu kalau selama ini, orang ke Sota kondisinya tidak pernah mengalami perubahan. Kita ingin membuat sesuatu yang berbeda dan menjadi daya tarik bagi banyak orang,” ujarnya.

Apalagi lanjut dia, Sota menjadi tujuan akhir bagi pejabat serta tamu yang datang dari luar daerah. “Ini adalah kesempatan yang tak boleh disia-siakan. Dengan tugu itu, tentunya memberikan manfaat sangat besar,”

Dia mengaku, penyelesaian sisa item pekerjaan termasuk taman segera dirampungkan, karena rencananya,17 Agustus 2017, tugu akan diresmikan. (LKF/Arjuna)

Advertisement