Apple Mau Bikin Kacamata Pintar Serupa Google Glass?

Apple Mau Bikin Kacamata Pintar Serupa Google Glass?

Ilustrasi perangkat kacamata pintar dalam paten Apple. | Foto: Apple/ USPTO

Metro Merauke – Apple diketahui sedang mendorong pengembangan teknologi Augmented Reality (AR). Pada konferensi WWDC beberapa waktu lalu, pabrikan ini merilis development platform bernama ARKit bagi developer yang ingin menambah fungsi AR ke aplikasi.

Itu dari sisi software, bagaimana dengan aspek hardware dari AR? Apple agaknya sedang menyiapkan perangkat berupa kacamata pintar. Wujudnya terkuak dalam dokumen paten yang baru-baru ini dipublikasikan.

Layaknya perangkat AR, kacamata pintar dalam dokumen paten Apple memiliki “kaca semitransparan” yang bisa menampilkan aneka data di atas segala macam benda yang sedang dilihat si pengguna.

Dalam hal tersebut cara kerjanya mirip dengan perangkat Google Glass, tapi ada hal lain berupa teknologi yang sedikit mirip dengan “touchscreen”, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Slashgear, Senin (31/7).

Berbekal kamera khusus, kacamata pintar Apple disebutkan mampu mengenali benda yang sedang ditujuk oleh jari pengguna. Jadi, misalnya pengguna menunjukkan jari ke sebuah lukisan, kacamata Apple dapat mengidentifikasi dan menyajikan informasi tambahan tentang lukisan dimaksud.

Dokumen paten menyebutkan bahwa sang kacamata pintar bisa bekerja tanpa butuh terkoneksi ke smartphone. Namun, ada juga deskripsi ponsel (iPhone) yang punya kemampuan AR serupa dengan memanfaatkan kamera belakang.

Tentu, layaknya perangkat yang masih berupa paten, masih belum jelas kapan sang kacamata pintar akan siap dipasarkan. Itu pun kalau benar-benar mewujud dalam bentuk produk final. (Oik Yusuf)

Sumber: SlashGear/ Kompas.tekno

 

Advertisement