Misro Snack terbuat dari bahan utama singkong : DownloadLagu321

Resep camilan Jabar yang Manis, wajib kamu coba

 

Setiap tempat di Indonesia memiliki beragam resep jajanan khas Jawa Barat yang mudah ditirusendiri . Anda mungkin sudah mencoba ngemil dari Bandung atau daerah lain dari Jawa Barat dengan rasa yang lezat. Begitu pula dengan masakan di berbagai daerah di Indonesia juga menarik untuk dibahas.

 

Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda, membuat produk kuliner tradisional antar daerah menjadi unik. Tidak ada habisnya membahas masakan masing-masing daerah dan sebagai orang Indonesia, kita wajib mengakui kekayaan ini. Masakan Indonesia yang terkenal di seluruh belahan dunia patut dibanggakan.

 

Negeri Sunda ini terkenal dengan ratusan hidangan berbeda, mulai dari makanan berat, minuman hingga jajanan yang sudah bisa kamu coba di seluruh Indonesia. Anda harus dengan mudah menemukan pedagang kaki lima cilok, cireng, piscok, kue bandung, dll. Makanan ini bahkan mudah disiapkan oleh orang lain dan rasanya pasti disukai oleh banyak orang.

 

Jenis jajanan dan resep  jajanan Jawa Barat  dari tradisional hingga modern banyak tersedia di Jawa Barat dan layak untuk dilestarikan. Jika berkunjung ke Jawa Barat, akan sangat mudah untuk menemukan berbagai makanan khas di masing-masing daerah dengan harga terjangkau. Masakan di Bandung atau daerah lain di Jawa Barat sangat populer, mulai dari rasa manis, asin, pedas atau lainnya.

 

Bagi pecinta jajanan manis, di Jawa Barat anda akan menemukan banyak variasi. Berikut 5 jajanan legal Jabar yang bisa dimasak di rumah. Resepnya sangat sederhana dan tentunya hasilnya mirip dengan aslinya. Tidak perlu ke Jawa Barat dulu, anda sudah bisa mencicipi rasanya.

 

Kue tradisional Burayot jenis basah

Resep camilan Jawa Barat ini berasal dari daerah Garut. Nama ini berasal dari bahasa Sunda yang berarti berbentuk ngagayot atau gantung. Camilan ini terdiri dari kue basah yang terbuat dari bahan-bahan sederhana. Awal penciptaan makanan ini juga tidak disengaja. Dibuat oleh warga Garut pertama dari tepung beras dan gula merah di rumahnya.

 

Buatlah cukup mudah, yaitu persiapan bahan-bahan berupa tepung beras, gula merah dan pasir. Selanjutnya campur gula aren, gula pasir dan air kemudian panaskan dengan api kecil hingga kental. Setelah mengental, tambahkan tepung beras. Tambahkan dengan menambahkan perlahan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga bentuk adonan siap terbentuk.

 

Adonan hanya perlu diratakan lalu digoreng. Anda bisa menggunakan minyak di tangan Anda saat meletakkan bedak di atasnya. Langkah selanjutnya adalah memanaskan minyak dalam wajan untuk menggoreng adonan. Setelah dipanaskan, Anda hanya perlu meletakkan adonan terlebih dahulu.

 

Penggorengan tidak memakan waktu terlalu lama karena adonan ini mengandung gula sehingga tidak gosong. Langkah selanjutnya dari resep camilan Jawa Barat  adalah menggoreng hingga muncul  sebentar lalu tusuk bagian tengahnya dengan batang bambu lalu gantung sambil digoreng lagi sebentar. Setelah pengeringan, nan lemtapi bisa terasa.

 

 Jajanan Ongol-Ongol dari Bahasa Sunda

Camilan ini terkenal di wilayah pesisir utara Jawa Barat, makanan sisa dari tentara Mongolia pada tahun 1200-an. Resep camilan Jabar ini  terbuat dari tepung singkong atau sejenisnya untuk tekstur yang kenyal dan manis. Warnanya yang cokelat ditambah parutan kelapa membuat tampilan makanan ini cukup menarik.

 

Anda hanya perlu menyiapkan tepung singkong, gula merah, daun nanas, air dan kelapa muda untuk ditaburkan. Pertama masak kelapa parut dengan cara dikukus hingga matang dengan tambahan sedikit garam. Untuk membuat tepung ongol-ongol, Anda mencampur tepung tapioka atau   tepung terigu pilihan dengan air.

 

Apalagi dari resep camilan manis Jawa Barat ini  hadir memanaskan  gula  merah dengan panda dan air hingga mendidih. Sisihkan larutan gula setelah disaring hingga dingin. Tahap selanjutnya memanaskan larutan bubuk dengan gula merah hingga mendidih dan mengental. Tunggu sampai memanas lalu potong-potong dan masukkan kelapa parut sebelum dinikmati.

 

Kue tradisional Putri Noong yang terbuat dari pisang

Nama didefinisikan berarti putri yang mengintip. Ini berasal dari pisang yang dilapisi tepung dan terlihat seperti mengintip. Camilan ini rasanya berbeda karena perpaduan rasa parutan kelapa, tepung, dan pisang sebagai isiannya.

 

Hidangan ini hingga era sekarang sangat sering dinikmati dalam berbagai acara keluarga Sunda. Perpaduan rasa dari resep camilan Jawa Barat jenis  ini  dengan kopi atau teh hangat akan menambah keseruan pagi atau sore Anda bersama keluarga. Menggunakan tepung tapioka menciptakan tekstur saus dan pisang di dalamnya yang menambah keunikan persiapan ini.

 

Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah tepung tapioka atau yang memiliki tekstur serupa, tanduk pisang, gula, santan instan, kelapa parut, daun pisang dan garam. Pertama masak kelapa parut setelah diasinkan sedikit dengan cara dikukus hingga matang. Kemudian campurkan tepung tapioka dengan bahan lain hingga berbentuk tepung.

 

Selanjutnya bungkus dengan daun dan letakkan pisang di tengah n bagi lalu bungkus dengan rapi. Akhirnya resep camilan Jabar ini  mengukusnya hingga matang. Untuk menyajikan potongan sesuai keinginan dan campur dengan parutan kelapa sebelum menikmatinya bersama orang tersayang.

 

Kue-kue gemblong dengan topping karamel

Bentuk camilan manis ini  dibulatkan dengan lapisan gula karamel yang mudah ditemukan di Bogor Puncak. Ini sangat banyak buah tangan pengunjung karena rasanya yang lezat dan manis. Di dalam kue ini terdapat beras ketan dan kelapa yang menambahkan lebih banyak rasa daripada sekadar gula manis.

 

Rasa legalnya cocok sebagai pendamping minuman hangat seperti dan membuatnya cukup mudah juga. Tak perlu ke Bogor, kamu bisa membuat resep camilan Jabar sendiri di rumah dengan rasa yang tak kalah nikmat.

 

Siapkan bahan-bahan berupa tepung ketan, kelapa parut, garam, santan dan minyak goreng. Gula karamel sebagai lapisan gemblong legal berasal dari campuran gula merah dan pasir. Cara mengatasinya dengan mencampurkan tepung beras ketan dengan parutan kelapa. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya. Setelah tercampur, tambahkan santan perlahan hingga bubuk.

 

Adonan ini kemudian berbentuk seperti cincin lalu digoreng. Siapkan minyak panas lalu goreng adonan hingga kecoklatan. Terakhir, buat gula karamel dengan cara dimasak dengan hati-hati agar tidak membakar campuran gula merah dan gula pasir. Selanjutnya dari resep masakan kecil khas Jawa Barat untuk mendapatkan gemblong  yang sah, campur gula dengan gemblong hingga merata. Biarkan mengeras dan kering sebelum siap dimakan.

 

 Misro Snack terbuat dari bahan utama singkong

Misro yang dimaksud dengan amis dalam jeroan atau manis di dalamnya adalah  camilan yang terbuat dari bahan utama singkong dan gula merah. Bentuknya bulat dan cukup mudah ditemukan di pedagang gorengan pinggir jalan. Hidangan ini saat ini tidak hanya tradisional tetapi juga dinikmati luas oleh semua lapisan masyarakat.

 

Untuk pembuatan resep makanan manis ini sangat mudah di rumah. Pertama-tama siapkan singkong yang dihancurkan, minyak goreng, gula merah dan garam. Sebelum digoreng, tepung singkong giling diberi sedikit garam lalu ditambahkan bulat dan gula merah secukupnya. Langkah terakhir dari  resep camilan Jabar ini  adalah menggorengnya hingga matang lalu tiriskan sebelum dinikmati.

Read More :