Sidak Wisma Atlet, Legislator Ingin Pembangunan Segera Rampung

Sidak Wisma Atlet, Legislator Ingin Pembangunan Segera Rampung

Legislator Papua, Thomas Sondegau (tengah) berfoto bersama kontraktor wisma atlet dan pihak Dinas PU Papua disela-sela sidak, Kamis (27/7)

Metro Merauke – Legislator Papua, Thomas Sondegau melakukan sidak ke wisma atlet yang dibangun sejak 2011 di belakang tribun utara Stadion Mandala Jayapura, Kamis (27/7).

Dalam sidak itu, anggota Komisi IV DPR Papua bidang infrastruktur tersebut mengecek pembangunan wisma atlet dari lantai dasar hingga lantai VII, didampingi kontraktor dan Kepala Seksi Tata Ruang Dinas PU Provinsi Papua, Ramli.

Thomas mengatakan, pihaknya ingin memastikan kapan pembangunan wisma atlet dapat rampung agar bisa diselesaikan tepat waktu.  “Wisma atlet ini sudah dialokasikan dana yang cukup, tapi memang membutuhkan biaya yang besar. Jika tidak kami awasi nanti SKPD menyebut tidak ada pengawasan sehingga kerja asal-asalan,” katanya disela-sela sidak.

Menurutnya, butuh dana kurang lebih Rp84 miliar untuk menuntaskan pembangunan wisma atlet pada 2018 mendatang. “Itu untuk bangunan saja, belum isinya. Ini memang bukan pekerjaan multiyear sehingga harus menunggu anggaran,” ujarnya.

Katanya, wisma atlet ini merupakan salah satu fasilitas pendukung PON XX di Papua pada 2020 mendatang, sehingga penyelesaiannya harus rampung tepat waktu.

“Kami akan coba berjuang agar gedung ini bisa diresmikan sebelum gubernur mengakhiri masa jabatannya. Kami juga akan perjuangkan sisa anggaran penyelesaian,” katanya.

Sementara Kepala Seksi Tata Ruang Dinas PU Provinsi Papua, Ramli mengatakan, wisma atlet itu dapat menampung 592 atlet. Setiap kamar dapat dihuni 10 orang atlet. Selain itu, di Kantor KONI Papua nantinya juga akan berada di wisma atlet bersama kantor 14 cabang olahraga.

“Untuk parkirannya, dapat menampung hingga 264 unit kendaraan. Kurang lebih ada 60 ruangan atau kamar untuk para atlet. Gedung wisma atlet ini, dibangun seluas 25 ribu meter persegi,” ujar Ramli.

Katanya, presentase pembangunan kini telah mencapai 65 persen. Tahun ini, dialokasi anggaran berkisar Rp37 miliar. Pembangunan wisma atlet diperkirakan membutuhkan biaya hingga Rp 265 miliar.

“Hingga kini sudah menelan anggaran Rp180 miliar. Pembangunan gedung ini, ditargetkan selesai tahun 2018 dengan total biaya sisa, kurang lebih Rp84 miliar,” imbuhnya. (Arjuna)

Advertisement