Masyarakat Kampung Ifimahat Diwajibkan Tanam Pohon Pisang

Masyarakat Kampung Ifimahat Diwajibkan Tanam Pohon Pisang

Masyarakat di Kampung Ifimahat, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke

Metro Merauke – Kepala Kampung Ifimahat, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Papua, Gervasius Mahuze mengatakan, salah satu program yang sedang dijalankan masyarakat di kampung tersebut adalah menanam anakan pohon pisang.

“Setiap kepala keluarga, saya wajibkan menanam 50 anakan pohon pisang, entah di kebun atau di halaman rumah masing-masing,” kata Mahuze kepada Metro Merauke, Kamis (27/7).

Menurut dia, pihaknya telah menganggarkan dana desa untuk warga setempat, setelah menanam anakan pohon. “Ya, kalau dananya sudah dicairkan, akan saya bagikan kepada setiap kepala keluarga,” ujarnya tanpa menyebut besaran dana yang akan diberikan.

Jika program ini berhasil baik lanjut dia, tahun depan setiap kepala keluarga diminta menanam sampai 100 anakan pohon pisang. “Tidak susah untuk tanam. Apalagi, struktur tanah juga sangat mendukung,” katanya.

Katanya, jika sudah ada hasilnya, pemerintah kampung akan mencari pasaran untuk dijual. Namun semua kembali kepada kesadaran warga untuk memanfaatkan lahan milik mereka yang luas. (LKF/Arjuna)

Advertisement