Ibu Hamil akan Dites HIV/AIDS Ketika Memeriksakan Kehamilan

Ibu Hamil akan Dites HIV/AIDS Ketika Memeriksakan Kehamilan

Pertemuan KPA Merauke bersama para bidan

Metro Merauke – Salah satu upaya melindungi dan menjamin para ibu hamil (bumil) mengetahui status kesehatan adalah tes HIV/AIDS. Tes itu kini menjadi bagian penting yang harus ditawarkan kepada bumil saat melakukan pemeriksaan kesehatan kandungannya.

Di Kabupaten Merauke, Papua tempat tes HIV/AIDS diperluas, termasuk di bidan praktek yang tersebar di tengah masyarakat, dipercayakan cakap dan mampu melakukan pemeriksaan HIV/AIDS untuk ibu rumah tangga.

Pengelola Program KPA Merauke, Paul Bean mengatakan, terhadap hal tersebut, sebelumnya Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Merauke telah melatih puluhan bidan praktek. Kini di setiap klinik atau bidan praktek wajib melakukan tes HIV pada ibu yang mengandung.

“Semua itu sudah tertera di dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan GK/Menkes/001/I/2013, Layanan Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA) yang disahkan pada saat hari HIV AIDS, Desember 2012,” ujarnya, Kamis (27/7).

Menurutnya, berdasarkan data kasus HIV/AIDS di kalangan ibu rumah tangga, Merauke menempati urutan teratas dengan 300an kasus. “Lewat tes HIV untuk ibu hamil, ini akan sangat membantu dalam penanganan jika diketahui ada yang terinfeksi,” ujarnya.

Katanya, ketika dalam pemeriksaan ditemukan ada ibu hamil positif HIV, wajib diberi obat antiretrovirus (ARV) dan mendapatkan layanan perawatan, dukungan, dan pengobatan lebih lanjut.

“Di Merauke dengan penanganan yang baik, bumil yang positif namun pada akhirnya bayinya dinyatakan negatif HIV/AIDS. Ini karena sejak awal diketahui dan langsung mendapat penanganan yang tepat,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement