Pemkot Melbourne Daur Ulang Puntung Rokok Jadi Perabotan

Pemkot Melbourne Daur Ulang Puntung Rokok Jadi Perabotan

Ilustrasi puntung rokok | Foto: Geek.com

Metro Merauke – Puntung- puntung rokok yang berserakan di Melbourne, Australia akan dikapalkan ke Amerika Serikat untuk didaur ulang menjadi perabotan jalanan hingga asbak.

Salah seorang pejabat pemerintah kota Melbourne Cathy Oke mengatakan, pemerintah kota telah bermitra dengan sebuah perusahaan daur ulang untuk melakukan program ini.

“Saat ini proses daur ulang dilakukan di Amerika Serikat karena tidak cukup banyak puntung rokok yang dikumpulkan dengan cara yang benar,” kata Oke kepada program Radio ABC.

“Mendaur ulang puntung rokok ini memiliki dampak global yang lebih rendah dibandingkan dengan membakar semuanya atau dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir.”

Dr Oke mengatakan, saat ini para perokok di kota Melbourne membuang sekitar 9 juta puntung ke tempat pembuangan sampah setiap tahun.

Pemkot Melbourne sekarang meminta para perokok mendukung skema daur ulang ini dengan membuang puntung rokok mereka ke 367 tempat pembuangan khusus yang disebut “enviropoles” agar mudah dikumpulkan.

“Kami meminta para perokok tidak lagi membuang puntung rokok mereka ke tong sampah, dan tentu saja tidak ke lantai,” kata Dr Oke.

Dia mengatakan, puntung rokok memiliki bagian yang terbuat dari plastik dan tidak bisa terurai dengan mudah.

“Kami masih melihat ribuan puntung rokok dibuang begitu saja ke tanah setiap minggunya.”

“Hal pertama yang ingin kami lakukan adalah memastikan puntung rokok ini tidak masuk dalam rantai makanan binatang air kita, sehingga perairan kita harus bersih.”

“Jadi masih ada banyak puntung rokok yang terlihat di pantai, di sungai, dan semua itu berakhir di perairan, itu bukan hal yang bagus.”

Dr Oke melanjutkan, bila para perokok membuang puntung mereka ke ‘enviro poles’ yang disediakan, maka pemerintah bisa mendorong industri setempat untuk mendaur ulang puntung rokok.

“Mudah-mudahan ada semakin banyak kota lain yang ambil bagian dalam proyek ini, dan jumlah yang dikumpulkan semakin meningkat. dan karenanya kita bisa melakukan daur ulang di Australia,” tambah dia.

Namun tentu saja Dr Oke lebih berharap warga Melbourne menghentikan merokok sama sekali. (***/Ervan Hardoko)

Sumber: Kompas/Australia Plus ABC

Advertisement