Ilmuwan: Minum Alkohol Dapat Tingkatkan Daya Ingat

Ilmuwan: Minum Alkohol Dapat Tingkatkan Daya Ingat

Siapa sangka, minum minuman beralkohol ternyata dapat meningkatkan kinerja memori | Foto: Liputan6

Merauke – Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Exeter menunjukkan alkohol dapat meningkatkan daya ingat Anda. Tentunya, dengan syarat Anda tidak sampai mabuk.

Untuk penelitian tersebut, 88 peminum dibawa dikumpulkan dan diminta untuk menyelesaikan tugas permainan kata. Begitu tugas selesai, relawan kemudian dibagi menjadi dua kelompok.

Satu kelompok diberi tahu untuk minum alkohol sebanyak yang mereka suka, sementara kelompok lainnya tidak diperbolehkan untuk minum alkohol sama sekali.

Keesokan harinya, semua relawan diminta untuk melakukan tes kembali. Yang mengherankan, mereka yang telah minum alkohol malam sebelumnya dapat mengingat lebih banyak dari apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.

Sementara alasan di balik hal tersebut masih belum pasti, mereka menduga hal tersebut dapat terjadi karena alkohol menghalangi informasi baru masuk. Dengan demikian, informasi dan kejadian yang telah masuk ke dalam otak sebelumnya tidak terganggu.

“Uniknya, dari penelitian tersebut kami juga mendapati semakin banyak minum, efek yang dirasakan semakin kuat,” ujar Profesor Celia Morgan yang memimpin percobaan tersebut.

Menurut dia, alkohol dapat menghambat pembelajaran informasi baru dan oleh karena itu, otak memiliki lebih banyak sumber daya yang tersedia untuk memasukkan informasi sebelumnya ke memori jangka panjang.

Mengutip dari Evening Standard, studi ini bukan yang pertama dari jenisnya. Namun, studi kali ini dilakukan untuk menguji teori dalam setting naturalistik.

Walau studi khusus tersebut menunjukkan efek positif dari minuman beralkohol, para peneliti menekankan bahwa temuan tersebut harus dipertimbangkan bersamaan dengan efek negatif yang dapat dialami oleh peminum alkohol. (Sulung Lahitani Mardinata)

Sumber: Liputan6

Advertisement