Freeport Siapkan Beasiswa Rp 13 Triliun untuk Pelajar Papua

Freeport Siapkan Beasiswa Rp 13 Triliun untuk Pelajar Papua

Petugas membantu warga terkait informasi beasiswa luar negeri di Euro Management, Jakarta. | Ilustrasi

Metro Merauke – PT Freeport Indonesia menyediakan beasiswa bagi para pelajar Papua untuk melanjutkan studi Amerika Serikat (AS). Beasiswa ini bekerja sama dengan American Indonesian Exchange Foundation (Aminef).

VP Corporate Communication Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan, Freeport menyiapkan dana sebesar 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 13,3 triliun selama periode 2016-2020 untuk program beasiswa ini. Dia mengatakan, para pelajar dikirim untuk menimba ilmu di sejumlah perguruan tinggi di AS.

“Melalui program ini, para pelajar dari Papua dapat mempelajari berbagai bidang keilmuan, seperti pertanian, teknik, manajemen bisnis, pendidikan anak usia dini, teknologi informasi, media, pariwisata, manajemen perhotelan, dan bidang-bidang lainnya,” kata Riza dalam keterangan tertulis, Selasa (25/7).

Dia menambahkan, program beasiswa ini sebenarnya sudah berjalan sejak 1998. Hingga kini, sudah ada 62 pelajar asal Papua dan Indonesia Timur lainnya yang mendapat beasiswa tersebut.

Belum lama ini, Riza mengatakan, Freeport kembali mengirim delapan pelajar berprestasi ke AS melalui program beasiswa. Dana yang diberikan dari program beasiswa mencakup tiket pesawat pulang-pergi ke AS, biaya hidup selama program bahasa Inggris, akademik, komponen program pelatihan praktik, biaya pendidikan, program manfaat kesehatan, dan kegiatan peningkatan budaya.

Salah satu penerima beasiswa Freeport tahun lalu, Lazarus Mugameng, berharap program ini bisa terus dilanjutkan. “Saya juga berharap jumlahnya terus ditambah,” kata dia. (***Ratna Puspita/ Intan Pratiwi)

Sumber: republika.co.id

 

Advertisement

1 komentar

  1. Selamat siang bapa /ibu saya sampaikan keradaan saya adalah orang dua dua meninggal dunia tahun 2007 2009 saya kuliah uncen fakultas teknik jurusan tambang biaya studi minimum kalau ada beasiswa tolong terima saya tuhan memberkati

    balas