Ternyata Ini Negara yang Pasok Narkoba di Papua

Ternyata Ini Negara yang Pasok Narkoba di Papua

Ilustrasi | doc Jawa Pos.com

Metro Merauke – Pemasaran narkoba jenis ganja di Kota Jayapura, Papua ternyata berasal dari luar negeri. Adalah Papua Nugini yang menjadikan Jayapura sebagai sentra peredaran ganja.

“Hal ini disebabkan tingginya harga jual ganja dan pengamanan di perbatasan yang belum optimal,” ungkap Kasat Narkoba Polres Jayapura Kota AKP Agus Tianto ketika di temui Cenderawasih Pos (Jawa Pos Group) di Mapolres, Jumat (21/7).
Ia menambahkan untuk tahun ini saja khusus untuk narkoba jenis ganja pihaknya sudah berhasil mengungkap 9 kasus peredaran ganja di Kota Jayapura yang berasal dari Papua Nugini.

Menurutnya hal ini membuktikan bahwa Kota Jayapura masih menjadi pasar yang menarik untuk masyarakat PNG menjual barang haram tersebut. Sementara hasil sitaannya mencapai 10 kilo gram. Biasanya, 0,3 gram ganja dijual paling murah dengan harga Rp 50 ribu.

Sedangkan daerah yang sering menjadi peredaran narkoba jenis ganja di Kota Jayapura adalah daerah Argapura, Dok IX dan juga Hamadi atau daerah lainnya yang berdekatan dengan pantai karena biasanya ganja masuk lewat jalur laut.

Dia mengungkapkan, untuk memasukan narkoba jenis ganja ini ke wilayah Jayapura Kota, biasanya warga PNG menjalin keakraban dengan masyarakat setempat atau berpacaran dengan warga Kota Jayapura dan selanjutnya warga PNG ini meminta untuk memasarkan barangnya.

“Kita akan melakukan peningkatan kerja sama terus karena ini adalah antar negara maka tidak bisa kepolisian sendiri dan kita berkordinasi terus dengan aparat Kepolisian bagian Pol Air, TNI dalam hal ini Angkatan Laut (AL) dan juga Bea Cukai dan Imigrasi,” tukasnya. (sad/JPC)

Sumber: jawapos.com

 

Advertisement