Perayaan HUT RI ke-72 di Merauke Diwarnai Nikah Massal

Perayaan HUT RI ke-72 di Merauke Diwarnai Nikah Massal

Ilustrasi penjualan bendera dan umbul-umbul di Kota Merauke jelang peringatan HUT RI ke-72

Metro Merauke – Semarak perayaan HUT RI ke-72 di Kabupaten Merauke, Papua akan diisi berbagai kegiatan. Selain perlombaan tingkat pelajar, pertandingan olahraga, hiburan dan bakti sosial di tengah masyarakat, salah satu agenda memeriahkan perayaan HUT RI tahun ini adalah nikah massal.

Ketua Panitia HUT RI, Bambang Dwiatmoko mengatakan, nikah massal menjadi salah satu kegiatan yang perlu dilakukan pada momen hari kemerdekaan. Tujuannya, panitia HUT RI akan membantu pasangan yang selama ini terkendala dalam melegalkan status pernikahannya.

“Nikah massal untuk membantu saudara kita guna mendapatkan status perkawinan yang jelas dan mempermudah dalam pendataan identitas keluarga yang sah,” kata Bambang kepada wartawan, Senin (24/7).

Menurutnya, untuk mengikuti nikah massal, akan dibuka pendaftaran guna pendataan dan persiapan sebelum prosesi nikah massal dilaksanakan.

“Masih ada warga Merauke yang tidanggal satu rumah namun belum menikah. Itu yang akan kami bantu.”

Selain nikah massal lanjut dia, kegiatan lainnya yakni karnaval pembangunan menjadi wajib digelar mengisi peringatan kemerdekaan.

“Karnaval ini paling dinanti-nanti masyarakat. Kami agendakan pelaksanaanya, Sabtu (12/8) mendatang,” ujarnya.

Direncanakan, karnaval akan diikuti ribuan orang dari berbagai instansi pemerintahan, TNI, Polri, BUMN, BUMD, etnis serta pelajar di Merauke.

“Rencananya titik star karnaval dari Lingkaran Brawijaya menuju Jalan Trikora-Gedung Negara dan finish di Lapangan Mandala,” ucapnya.

Selain itu, sehari menjelang HUT RI, diadakan pengukuhan paskibraka serta apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trikora. Selanjutnya, Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Pemda Merauke, 17 Agutus mendatang. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement