Jadi Ini Alasan Mengapa Kamu Sering Lupa Nama Orang

Jadi Ini Alasan Mengapa Kamu Sering Lupa Nama Orang

Foto: Copyright Pexels.com

Metro Merauke – Hidup sekian tahun, kamu pasti bertemu dengan banyak orang dengan nama yang berbeda-beda pula. Wajar jika suatu ketika kamu bertemu dengan seseorang yang kamu kenal namun lupa namanya. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada alasannya lho mengapa kamu jadi mudah lupa nama seseorang?

Menurut psikologis Dervla Loughnane, ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini, “Kita sering lupa nama-nama orang karena pada dasarnya kita tidak fokus pada nama, karena kita lebih fokus pada menilai orang tersebut dan bagaimana cara kita menampilkan diri sebaik mungkin,” seperti dikatakannya dalam Body+Soul.

Dengan kata lain, bukannya bermaksud mengabaikan nama orang tersebut, kamu hanya sedang berusaha menampilkan kesan pertama yang bagus di hadapannya sekaligus mencoba menilai seperti apa orang yang kamu ajak bicara. Bahkan kemungkinan kamu tidak memperhatikan detail dan tidak ingat apa saja yang kamu bicarakan saat itu.

Lalu bagaimana caranya agar bisa mengingat nama-nama mereka sehingga kamu tidak dianggap tidak sopan dan kurang menghargai? Dervla menyarankan, ada baiknya jika kamu mengulangi namanya segera setelah dia memperkenalkan diri. Dengan menyebutkan namanya, kamu membentuk ingatan di dalam otakmu.

Kamu juga bisa sesekali menyebut namanya saat kalian sedang berbicara atau berinteraksi. Dengan begini, kamu juga memperlihatkan sisi bahwa kamu mudah akrab dengan orang yang baru kamu kenal dan memberi kesan ramah.

Semoga kamu tidak gampang lupa nama orang-orang yang kamu temui ya ladies, apalagi jika itu adalah kolega di kantor. (vem/feb)

Sumber: Vemale

Advertisement