Siswa Jagebob Pikul Sepeda ke Sekolah

Siswa Jagebob Pikul Sepeda ke Sekolah

Salah seorang warga Kampung Blandika Kai, Jegebob, Merauke, Papua, Rojikin

Metro Merauke – Salah satu masalah serius yang dihadapi siswa-siswi beberapa kampung mulai dari Jagebob 10 hingga 13, Kabupaten Merauke, Papua adalah kondisi jalan yang rusak parah, sehingga sulit dilalui.

Padahal, siswa-siswi setempat harus menempuh jarak 13 kilometer untuk bisa sampai ke sekolah. Namun kondisi jalan tidak memungkinkan dilalui karena rusak dan berlumpur.

Siswa-siswi yang berangkat ke sekolah terpaksa memikul sepeda mereka di tengah jalan ketika ruas jalan tak dapat dilalui dengan bersepada. Akibatnya, mereka sampai di sekolah sekira pukul 09.00 WIT atau ketika proses belajar mengajar sudah berlangsung.

“Saya harus terus terang menyampaikan, banyak anak putus sekolah karena akses transportasi yang sulit dan jaraknya sangat jauh,” kata salah seorang warga Kampung Blandika Kai, Jegebob, Rojikin kepada Metro Merauke beberapa hari lalu.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke membangun asrama di sekitar SMP, sehingga siswa-siswi dapat tinggal dan mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana mestinya.

“Kami juga berharap pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke bisa datang langsung ke beberapa kampung, melihat kondisi anak-anak yang memikul sepeda di tengah jalan menuju sekolah akibat lumpur,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement