Silas Warafandu: Kami Tetap Menghargai Kearifan Lokal

Silas Warafandu: Kami Tetap Menghargai Kearifan Lokal

Pemilik hak ulayat di PT Pelindo Cabang Merauke saat mendampingi tim dari Komnas HAM RI

Metro Merauke – Manager Operasi PT Pelindo Cabang Merauke, Papua, Silas Warafandu mengatakan, pihaknya tetap menghargai kearifan lokal, misalnya adanya tuntutan ganti rugi ulayat dari pemilik pemilik ulayat area pelabuhan dan bandara Merauke.

“Memang saat ini, pimpinan PT Pelindo Cabang Merauke sedang tidak berada di tempat, karena sedang ada tugas luar yang tak bisa ditunda,” katanya kepada Metro Merauke di ruang kerjanya, Jumat (21/7).

Ia menyatakan, apa yang disampaikan Komnas HAM RI akan segera dilaporkan pihaknya. “Hari ini juga  saya laporkan, sekaligus meminta petunjuk lebih lanjut,” ujarnya.

Menurutnya, ia juga akan menemui Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke, Jakobus Duwiri menyampaikan hasil pertemuan bersama Komnas HAM RI, Jumat (21/7).

Terkait ancaman pemilik ulayat melakukan pemalangan lanjut dia, sudah dibicarakan bersama perwakilan pemilik ulayat, Hendrikus Hengky Ndiken agar membatalkan rencana itu, karena secepatnya dikoordinasikan dan dibicarakan bersama pemerintah.

“Kewenangan kami sangat terbatas dan mestinya yang menyelesaikan pembayaran adalah pemerintah. Olehnya, kami akan terus membangun komunikasi kembali,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement