Siswa Perbatasan RI Dibekali Wawasan Nusantara

Siswa Perbatasan RI Dibekali Wawasan Nusantara

Siswa Sekolah Dasar (SD) Kampung Aroa, Distrik Arimop Kabupaten Boven Digoel, Papua, wilayah perbatasan RI-PNG ketika mendapat pemahaman wawasan nusantara dari salah satu perwira Satgas TMMD ke-99 dari Kodim 1711/BVD, Lettu (Inf) Warsito, Rabu (19/7)

Metro Merauke – Siswa Sekolah Dasar (SD) Kampung Aroa, Distrik Arimop Kabupaten Boven Digoel, Papua, wilayah perbatasan RI-PNG mendapat pemahaman wawasan nusantara dari salah satu perwira Satgas TMMD ke-99 dari Kodim 1711/BVD, Lettu (Inf) Warsito, Rabu (19/7).

Menurutnya, pemahaman wawasan nusantara merupakan gabungan kata wawas, nusa dan antara. Wawas berarti melihat, meninjau, meneliti, mengamati atau memandang, nusa berarti kepulauan dan antara adalah jarak.

“Jadi nusantara dapat di artikan sebagai wilayah yang terdiri dari pulau-pulau. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara kepulauan,” ujarnya, Rabu (19/7).

Katanya, Negara Indonesia terdiri dari banyak suku termasuk suku-suku yang ada di Papua, sehingga Papua adalah bagian dari NKRI.

Selain itu lanjut dia, pendidikan sangat penting untuk kehidupan. Pendidikan dapat menyongsong kehidupan yang lebih baik dimasa depan, baik terhadap anak-anak, sosial, lingkungan, agama, nusa dan bangsa.

“Tanpa pendidikan, kualitas generasi penerus kita akan sangat rendah dan ketinggalan, juga akan berpengaruh pada kelangsungan hidup bangsa dan negara,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement