Kenapa Hari Ini Banyak Negara Alami Gempa? Peneliti Prediksi, Agustus Dunia Hadapi Ini

Kenapa Hari Ini Banyak Negara Alami Gempa? Peneliti Prediksi, Agustus Dunia Hadapi Ini

Metro Merauke – Ahli geologi kembali mengingatkan terjadinya kembali mega tsunami pada Agustus 2017 mendatang. Berdasarkan tanda-tanda geologis, mega tsunami itu berpotensi menghantam tiga negara, persis seperti peristiwa di 1775. Saat itu, sebuah tsunami besar menewaskan lebih dari 10.000 orang di Spanyol, Portugal dan Maroko.

Selain ketiga negara itu, ahli geologi memprediksi, mega tsunami itu juga akan mengguncang Samudra Pasifik Utara. Khususnya wilayah antara ujung pulau-pulau AS dan Rusia.

Berdasarkan penghitungan, para ahli memprediksi, skenario mega tsunami bakal terjadi pukul 1.34 pagi waktu Samudra Pasifik Utara dengan lokasi sekitar 125 mil dari Pulau Bering Rusia – di Semenanjung Kamchatka. Guncangan itu berada di sebelah barat Attu, pulau paling barat di rantai Kepulauan Aleutian Alaska yang terpencil.

Hal ini awalnya akan dilaporkan sebagai gempa berskala 7,7 dan hanya 7,4 mil di bawah dasar laut, yang memperkuat pengaruhnya. Gempa tersebut lalu akan meningkat menjadi 7,8 tak lama kemudian. Besarnya guncangan itu yang selanjutnya mampu menyebabkan kerusakan yang meluas.

Seperti dilansir dari keterangan resmi Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di AS mengatakan: “Gelombang tsunami yang berbahaya dimungkinkan terjadi di pantai yang terletak di dalam jarak 188 mil dari pusat gempa,” Kamis (20/07).

Guncangan tersebut diikuti oleh beberapa gempa susulan, termasuk dua gempa di atas magnitudo 5.0. Gempa tersebut dilaporkan merupakan yang terbesar kedua tahun ini, setelah gempa 7,9 pada bulan Januari di dekat Papua Nugini. (***Zool)

Sumber: winnetnews.com

 

Advertisement