SMP YPK Merauke Masih Buka Pendaftaran Sisdik Baru

SMP YPK Merauke Masih Buka Pendaftaran Sisdik Baru

Kepala Sekolah SMP YPK Merauke, Papua, Bernard

Metro Merauke – SMP Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Merauke, Papua hingga kini masih membukan pendaftaran siswa didik (sisdik) baru tahun ajaran 2017/2018.

Salah satu sekolah swasta dibawah naungan Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) GKI di Tanah Papua tersebut, kini diminati para calon sisdik baru, terutama mereka yang tidak dilolos disejumlah sekolah di Kota Merauke.

“Pendaftaran siswa baru di SMP YPK Merauke masih berlangsung. Kami terpaksa masih buka pendaftaran sampai sekarang, karena ada orang tua siswa datang menangis dan mohon supaya anak mereka diterima di sekolah kami,” kata Kepala Sekolah SMP YPK Merauke, Bernard, Rabu (19/7).

Menurutnya, melihat dinamika itu, pihak SMP YPK Merauke akhirnya mengambik kebijakan tetap membuka pendaftaran sisdik baru, agar mereka yang gagal masuk atau tidak diakomodir di sekolah lain, dapat bersekolah di sekolah itu.

Namun katanya, keputusan ini tentu tidak gampang, ada dampak yang akan diterima pihak sekolah. Salah satunya terkait ketersediaan ruang belajar. Pihak sekolah terpaksa akan megupayakan agar tidak mengorbankan anak-anak, sehingga mereka tetap bersekolah.

“Penerimaan siswa baru perlu dikaji kembali sehingga calon siswa, orang tua tidak kecewa dan akhirnya menumpuk di satu sekolah, sebagai sekolah alternatif atau pilihan terakhir,” ujarnya.

Dalam posisi seperti ini lanjut dia, pihaknya dilema. Jika tidak menerima calon siswa yang gagal di sekolah lain, tentu akan berdampak pada masa depan anak. Kalau diterima, ada resiko yang harus ditanggung sekolah. Siswa yang menumpuk berdampak pada ketersediaan ruang belajar.

“Kalau kami tidak terima, anak bisa tidak sekolah dan kami tidak mau hal itu sampai terjadi,” imbuhnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement