Sinergi dan Koordinasi Dapat Minimalisir Kejahatan di Laut

Sinergi dan Koordinasi Dapat Minimalisir Kejahatan di Laut

Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso

Metro Merauke – Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso menyebut, sinergi dan koordinasi berbagai pihak hal paling penting dalam mengamankan laut Indonesia, khususnya Merauke dari berbagai kejahatan, misalnya pencurian ikan, penyelundupan, perdagangan orang, dan kecelakaan laut.

Ia mengatakan, potensi sumber daya laut perairan Merauke besar. Namun kondisi itulah yang menyebabkan perairan selatan Papua tersebut menjadi incaran para pencuri ikan.

“Dengan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan dan dukungan masyarakat terutama nelayan, efektivitas pengawasan laut dapat ditingkatkan,” kata Sularso kepada wartawan, Rabu (19/7).

Katanya, meski pencurian ikan di perairan Merauke telah menurun, namun bukan berarti tidak ada sama sekali. “Selain itu, potensi kecelakaan laut akibat cuaca ekstrim maupun adanya pelanggaran yang dilakukan nelayan lokal,” ujarnya.

Lanjut Sularso, ketika rapat koordinasi nasional (rakornas) penanganan ilegal fishing belum lama ini, Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga Ketua Satgas 115 meminta Pemkab Merauke meningkatkan koordinasi bersama Satgas 115 dalam meminimalisir pencurian ikan.

“Rakornas menjadi penting untuk mengevaluasi sekaligus mengetahui masukan guna mendukung tugas Satgas 115,” kata Sularso yang ketika itu mewaliki Pemkab Merauke mengikuti rakornas. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement