Tim Komnas HAM RI Segera Tiba di Merauke

Tim Komnas HAM RI Segera Tiba di Merauke

Hengky Ndiken

Metro Merauke – Tim Komnas HAM RI dijadwalkan segera tiba di Kabupaten Merauke, Papua. Tim yang akan melakukan investigasi terkait sengketa tanah ulayat area pelabuhan dan bandara Merauke itu dijadwalkan tiba, Kamis (20/7).

Salah seorang pemilik tanah ulayat area Pelabuhan Merauke, Hendrikus Hengky Ndiken mengatakan, ia mendapat telepon dari Komisioner Komnas HAM RI, Natalius Pigai.

Katanya, Natalius memastikan, timnya segera tiba di Kabupaten Merauke untuk melakukan investigasi serta mewawancarai beberapa komponen terkait, termasuk pemerintah.

“Beliau sudah sampaikan, timnya tiba, Kamis (20/7) pagi, di Bandara Mopah. Jadi bisa kami dijemput dan didampingi selama di sini,” katanya kepada Metro Merauke, Selasa (18/7).

Hanya saja Hengky tak dapat memastikan tim tersebut beranggotakan berapa orang. Namun selain tim Komnas HAM RI, juga ada perwakilan Pelindo pusat dan Kementerian Perhubungan RI.

“Selama berada di Merauke, kami akan mendampingi dan memberikan data-data autentik berkaitan dengan kepemilikan tanah pelabuhan maupun bandara,” ujarnya.

Ia berharap, ketika tim tiba di Merauke, bupati setempat, Frederikus Gebze tidak sedang keluar daerah, sehingga dapat memberikan penjelasan status tanah yang menjadi sengketa. (LKF/Arjuna)

Advertisement