Tepat Kopassus Memilih Merauke Sebagai  Lokasi Latihan

Tepat Kopassus Memilih Merauke Sebagai Lokasi Latihan

Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap Merauke, Papua, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan

Metro Merauke – Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap Merauke, Papua, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan menilai tepat pelaksanaan latihan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) selama dua bulan digelar di Kabupaten Merauke. Salah satu alasannya, karena wilayah Indonesi timur berbatasan langsung dengan dua negara tetangga.

Ia mengatakan, dengan adanya latihan Kopassus di Merauke, menjadi daya tangkal sekaligus sebagai perhatian khusus pemerintah pusat, selaras dengan program nawacita Presiden RI, Joko Widodo.

“Latihan seperti ini baru pertama kali dilakukan di Merauke. Rangkaian ini akan dilanjutkan dengan ekspedisi NKRI koridor wilayah selatan Papua,” kata Danrem kepada wartawan, Senin (17/7).

Menurutnya, latihan 150 anggota Kopassus dari tiga kesatuan yakni Parako, Sandi Yuda dan Anti Teror, diisi dengan beberapa kegiatan.

“Jadi semuanya gabungan, puncak mulai penerjunan, perang hutan dan pembebasan sandera. Hari ini terakhir dan dilakukan bakti sosial,” ujarnya.

Pada akhir rangkaian latihan, Kopassus menggandeng berbagai pihak mengadakan bakti sosial berupa pengobatan massal dan pembagian 500 paket sembako.

“Kegiatan ini sebagai kontribusi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyakat Merauke. Baksos merupakan bentuk kegiatan teritorial sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat,” katanya.

Lewat bakti sosial, lanjut Danrem, TNI berkomitmen ikut peduli dan perhatian demi membangkitkan semangat masyarakat yang dilandasi rasa persatuan dan kesatuan. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement