Polda Papua Fokus Pelaksanaan PSU Dua Kabupaten

Polda Papua Fokus Pelaksanaan PSU Dua Kabupaten

Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar

Metro Merauke – Kepolisian Daerah (Polda) Papua kini fokus pelaksanaan pemungutan suara ulang dua daerah di Papua yakni Kabupaten Kepulauan Yapen, 26 Juli 2017 dan Kabupaten Jayapura, 9 Agustus 2017.

Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar berharap, pelaksanaan PSU di dua kabupaten dapat berlangsung aman, sesuai yang diharapkan.

Katanya, sebelumnya tiga kabupaten telah melaksanakan PSU yakni 18 distrik di Tolikara, enam distrik di Puncak Jaya dan tujuh TPS di Intan Jaya.

Meski sempat terjadi gesekan antara pendukung tiga pasangan calon kepala daerah di Puncak Jaya setelah PSU, namun Polda Papua dan jajarannya bersama pihak terkait lain, berhasil meredam situasi.

“Untuk Puncak Jaya, kami akan ajak para pasangan calon mewujudkan tradisi perdamaian patah panah. Kami akan bicarakan dulu dengan mereka,” kata Boy Rafli ketika menggelar halalbihalal bersama insan pers di Mapolda Papua, Jumat (14/7).

Menurutnya, Polda Papua terus berupaya agar masalah tidak berkembang. Tidak hanya memonitor situasi di daerah pelaksana pilkada, tapi juga di Jayapura karena tim sukses para pasangan calon, juga ada di Jayapura.

“Di Intan Jaya, Wakapolda Papua dan beberapa perwira Polda Papua melihat langsung pelaksanaan PSU. Masyarakat menjaga komitmennya sehingga semua berjalan baik,” ujarnya.

“Kami harap laporan penyelenggara kepada Mahkamah Konstitusi tidak banyak menghadapi kesulitan,” katanya lagi. (Arjun)

Advertisement