BPKAD Empat Kabupaten Ikut Menyusun GFS

BPKAD Empat Kabupaten Ikut Menyusun GFS

Foto bersama usai Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Kantor pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Merauke, Jumat (14/7).

Metro Merauke – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), kembali menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD), Jumat (14/7).

Kepala KPPN Merauke, Alexander Budi Dayantoro mengatakan, FGD berupa Penyusunan Government Financial Statistic (GFS) yang diikuti perwakilan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dari empat kabupaten di selatan Papua.

“GFS merupakan penyatuan laporan konsolidasian keuangan pemerintah pusat dan daerah. GFS ini menyediakan data kinerja dan posisi keuangan nasional berupa pendataan, belanja, pembiayaan, aset dan kewajiban pemerintah pusat dan daerah mendukung langkah strategis dalam penyehatan fiscal,” katanya kepada wartawan, Jumat (15/7).

Menurutnya, lewat FGD kali ini, KPPN Merauke berharap, BPKAD dalam wilayah pembayaran Merauke yang meliputi Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Asmat dan Mappi dapat menyampaikan laporan realisasi anggaran (LRA) dan neraca secara tepat waktu, sehingga penyusunan GFS tidak terlambat.

“Penyusunan GFS semester I tahun 2017 ditargetkan selesai akhir Juli tahun ini,” ujarnya.

Dalam FGD yang dihadiri Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua itu, juga ditawarkan penggunaan sistem aplikasi persediaan, yang merupakan bagian dari sistem manajemen aset.

“Kini laporan sistem pengelolaan aset daerah masih bermasalah. Hal ini salah satu faktor yang menyebabkan sebagian daerah, laporan keuangannya belum memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian (WTP),” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement