Calon Anggota MRP “Berebut” Rekomendasi Uskup Agung Merauke

Calon Anggota MRP “Berebut” Rekomendasi Uskup Agung Merauke

Albert Moywen

Metro Merauke – Dua calon anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) unsur agama dari Kabupaten Merauke, Ance Tepu dan John Wob “berebut” rekomendasi dari Uskup Agung Merauke. Keduanya, sama-sama mengklaim mengantongi rekomendasi Uskup Agung Merauke, Mgr. Nicolaus Adi Seputra, MSC.

“Saya perlu mempertegas, bukan dua rekomendasi yang dikeluarkan Bapak Uskup Agung Merauke. Hanya satu saja, tetapi ada tiga calon yang datang tidak bersamaan bertemu uskup. Ibu Ance datang sendiri, begitu juga Pak John serta seorang lainnya datang sendiri,” kata Albert Moywen, salah satu calon anggota MRP ketika ditemui Metro Merauke, Kamis (13/7).

Menurutnya, meski ketiganya datang tidak bersamaan, namun uskup mengeluarkan rekomendasi secara kolektif. Dimana, nomor urut satu adalah John Wob dan kedua Ance Tepu serta sorang lainnya. “Saya  tidak tahu nama orang terakhir,” ujarnya.

Berdasarkan rekomendasi itu, John Wob mengklaim ia yang akan dilantik menjadi anggota MRP. Hal ini direspon calon anggota MRP lainnya, Ance Tepu. Akibatnya, hingga kini, belum ada kepastian.

“Memang Bapak Uskup mencantumkan John Wob nomor urut satu. Tetapi bukan berarti yang bersangkutan yang akan dilantik. Ini kembali kepada kesepakatan bersama tiga calon untuk memutuskan,” katanya.

Katanya, beberapa hari lalu, John Wob menemuinya untuk berkonsultasi. Namun ia menilai, sebaiknya John yang masih berstatus dosen di Universitas Negeri Musamus (Unmus) fokus pada karirnya karena perjalanannya masih sangat panjang.

“Berikan kesempatan kepada Ibu Ance untuk duduk di MRP terlebih dahulu. Saya hanya memberikan pandangan. Ini kembali kepada mereka bertiga untuk sepakat. Sampai hari ini, Kesbangpol Provinsi Papua, belum memutuskan lantaran masih ada polemik,” imbuhnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement