Komnas HAM akan Turunkan Tim Investigasi ke Merauke

Komnas HAM akan Turunkan Tim Investigasi ke Merauke

Komisioner Komnas Ham, Natalius Pigai saat meninjau Pelabuhan Merauke, Papua beberapa waktu lalu

Metro Merauke – Komnas HAM RI disebut akan menurunkan tim ke Kabupaten Merauke, Papua untuk menginvestigasi status tanah pelabuhan dan bandara Merauke, lantaran hingga kini pemerintah tak kunjung membayar ganti rugi kepada pemilik ulayat.

Salah seorang pemilik ulayat tanah Pelabuhan Merauke, Hendrikus Hengky Ndiken menyatakan telah berkomunikasi via telepon dengan komisioner Komnas HAM RI, Natalius Pigai terkait kedatangan stafnya ke Merauke.

“Sudah ada jawaban dari Pak Pigai, dalam pekan ini beberapa stafnya akan tiba di Merauke mengumpulkan data dan melakukan wawancara dengan beberapa komponen terkait. Mulai dari pemilik tanah ulayat, pemerintah dan instansi lainnya,” katanya, Rabu (12/7).

Menurut legislator Merauke itu, pihaknya siap mendampingi tim melakukan investigasi di dua lokasi. Ia berterimakasih kepada Natalius Pigai yang merespon masalah pembayaran ulayat tanah pelabuhan dan bandara setempat, yang tak kunjung diselesaikan pemerintah hingga kini.

Ndiken berharap, setelah tim Komnas HAM RI tiba di Merauke dan melakukan investigasi, hasilnya dapat direkomendasikan ke Kementerian Perhubungan RI agar segera ada penyelesaian pembayaran.

“Ini hak kami sebagai pemilik ulayat. Lahannya telah dimanfaatkan dari tahun ke tahun untuk pelayanan kepada masyarakat, namun belum ada ganti rugi sama sekali,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement