Disdukcapil akan Data Warga Baru di Merauke

Disdukcapil akan Data Warga Baru di Merauke

Ilustrasi Suasana Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Merauke

Metro Merauke – Usia libur Idul Fitri, dipastikan akan ada warga baru yang masuk ke Kabupaten Merauke, Papua. Namun hingga kini dinas kependudukan dan catatan sipil (disdukcapil) setempat tidak tahu pasti jumlah warga dari luar yang masuk ke Merauke.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Merauke, Gabriel Laiyan kepada wartawan menyatakan, pihaknya akan melakukan pendataan mulai dari tingkat rukun tetangga (RT), kelurahan/kampung hingga distrik.

“Penambahan penduduk sudah jelas ada, namun kami belum memiliki data pasti dan akan dilakukan pendataan dengan berkoodinasi mulai dari tingkat distrik hingga RT,” katanya, Rabu (12/7).

Menurutnya, data kependudukan yang valid sangat dibutuhkan, termasuk untuk warga yang datang dan pergi dari Merauke. Agar pendataan berjalan lancar, pihaknya menyarankan setiap warga baru di Merauke, segera melapor diri kepada Ketua RT di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kami tidak membatasi orang datang ke Merauke selama mereka memenuhi persyaratan,” ujarnya.

Kota Merauke menjadi salah satu daerah sasaran urbanisasi. Beragam alasan menjadi penyebab orang datang ke “Kota Rusa”. Mulai hanya ingin ikut sanak keluarga hingga yang mencoba peruntungan mengadu nasib, mencari pekerjaan. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement

1 komentar