Dinkes Berikan Bantuan Ambulans kepada Puskesmas Perbatasan

Dinkes Berikan Bantuan Ambulans kepada Puskesmas Perbatasan

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, Papua, Adolf J.Y Bolang

Metro Merauke – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Merauke, Papua akan memberikan bantuan ambulans kepada pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) wilayah perbatasan di kabupaten itu.

Kepala Dinas Kesehatan Merauke, Adolf J.Y Bolang mengatakan, ini sebagai upaya mewujudkan pelayanan kesehatan secara maksimal. Salah satu puskemas yang akan mendapat bantuan yakni Puskemas Distrik Sota.

“Pengadaan ambulans bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Setelah selesai administrasinya, bantuan kendaraan ambulans bisa didistribusikan agar dapat difungsikan sebagaimana mestinya,” katanya kepada wartawan, Rabu (12/7).

Menurutnya, daerah perbatasan diprioritaskan mendapat ambulans demi menunjang pelayanan kepada masyarakat supaya lebih maksimal.

“Sebelumnya memang sudah ada kendaraan di Puskesmas Sota. Namun kalau cuma satu kemudian itu rusak, akan menghambat pelayanan,” ujarnya.

Katanya, secara bertahap dinas kesehatan setempat akan mendistribusikan kendaraan ambulans kepada sejumlah puskesmas lainnya di Kabupaten Merauke.

Namun dinkes tidak dapat melakukan pengadaan kendaraan sekaligus dan tidak semua puskesmas akan menggunakan ambulans.

“Akan disesuaikan dengan lokasi puskesmasnya. Kali ini kami prioritaskan puskesmas di wilayah perbatasan,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement