Reaksi Gubernur Dengar Warga Jual Ginjal untuk Biaya Sekolah Anak

Reaksi Gubernur Dengar Warga Jual Ginjal untuk Biaya Sekolah Anak

Gubernur Sumsel berbincang-bincang dengan bapak penjual ginjal | Foto: Liputan6/Nefri Inge

Metro Merauke – Berita bapak penjual ginjal demi biaya sekolah anak-anaknya terdengar sampai ke telinga Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin.

Alex Noerdin langsung bereaksi saat mendengar kendala biaya anak Herman (42) saat akan masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Palembang.

Menurut Alex Noerdin, yang disepakati oleh Komite SMKN 5 Palembang adalah sekitar Rp 1,2 juta, bukan Rp 1,9 juta seperti yang diberitakan.

Biaya tersebut memang digunakan untuk biaya seragam sekolah siswa baru, bukan untuk biaya sekolah.

“Hal itu dibenarkan, tapi ada Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur 20 persen sekolah gratis bagi anak-anak tidak mampu,” ucap dia di ruangan Griya Agung Sumsel, Senin, 10 Juli 2017.

“Kan baru ngomong mau, tapi belum (jual ginjal). Supaya diluruskan berita ini. Jangan dipanas-panasi dan ditambah-tambahi. Kalau tidak mampu, tidak perlu bayar, untung tidak dijual (ginjalnya),” katanya.

Para warga miskin yang ingin menyekolahkan anaknya secara gratis, lanjutnya, cukup dengan menyediakan surat keterangan miskin dari ketua rukun tetangga (RT) dan lurah.

Jika ada yang menolak, Gubernur Sumsel menghimbau agar langsung dilaporkan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel.

Widodo Kepala Disdik Sumsel mengatakan bahwa sudah ada tim khusus untuk me-monitoring program sekolah gratis yang sudah digalakkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

“Saya pastikan berjalan. Kuota 20 persen itu minimal, tapi lebih besar lagi lebih baik jika perlu. Tapi tidak mungkin yang punya mobil Alphard dapat sekolah gratis,” ia mengungkapkan.

Jika ada yang tidak menjalani program Sekolah Gratis tersebut, Widodo memastikan kepala sekolahnya akan langsung dipecat dari jabatannya.

Untuk kasus anak bapak penjual ginjal ini, Kadisdik Sumsel mengatakan untuk biaya seragam akan ditanggung oleh pihak SMKN 5 Palembang.

“Laporkan kalau kepala sekolahnya main-main di belakang saya, langsung saya berhentikan besok pagi,” ujarnya. (Nefri Inge)

Sumber: Liputan6

Advertisement

1 komentar

  1. Ini untuk menginformasikan masyarakat umum tentang seorang pria yang 100% serius dalam membeli dan menjual ginjal. Anda harus menghubungi APOLLO KIDNEY TRANSPLANT HOSPITALS, karena kami memiliki banyak pasien yang saat ini membutuhkan transplantasi ginjal, apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal karena jatuhnya uang? Kami akan menawarkan 600.000,00 USD untuk ginjal. Ini juga memiliki Center’s of Excellence dalam transplantasi Organ, Kanker, Neuroscience, Ortopedi, Ilmu Penyakit Jantung dan Perawatan Darurat. Rumah sakit Apollo berada di India dan klinik diagnostik tersebar di seluruh negara dengan 64 rumah sakit yang mencakup 10.000 tempat tidur, kami juga menyediakan rumah medis untuk pasien kami dengan akses terbuka ke klinik secara mendesak. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli (ginjal) jangan ragu untuk menghubungi spesialis via: whatsapp +234750588635 atau Email: Vincentbennet5@gmail.com, tolong lakukan jujur ​​dan tulus, ini tentang menyelamatkan nyawa orang lain. PENIPUAN TIDAK TERIMA KASIH TERIMA KASIH.

    balas