Pemkab Merauke Janji Bangun Asrama Mahasiswi Akper
Pendidikan

Pemkab Merauke Janji Bangun Asrama Mahasiswi Akper

Bupati Merauke, Frederikus Gebze (baju merah hitam) bersama DPRD Merauke serta Kapolres AKBP Bahara Marpaung saat melakukan pertemuan dengan Akper Merauke belum lama ini

Metro Merauke – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Merauke, Papua, Moses Kaibu menyatakan, beberapa waktu lalu pemkab setempat menyatakan akan membangun asrama untuk mahasiswi Akper Merauke.

Ia mengatakan, hal tersebut terungkap ketika pertemuan mahasiswi Akper Merauke dengan Bupati Frederikus Gebze dan DPRD setempat, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, ketika usai dibangun, asrama akan ditempati mahasiswi, terutama anak asli Papua yang datang dari distrik, kampung maupun antar kabupaten dan mengenyam pendidikan di Akper Merauke.

Rencana pembangunan asrama mahasiswi Akper dinilai, tepat, untuk menjawab kebutuhan dan mempermudah mahasiswi menuntut ilmu di Kota Merauke.

Rencananya, lanjut Moses, pembangunan asrama akan didorong dalam APBD induk tahun anggaran 2018 mendatang. “Hasil pertemuan itu, Pemerintah Kabupaten Merauke komit mendirikan Asrama untuk mahasiswa,” ujarnya, Senin (10/7).

Katanya, keberadaan asrama untuk menampung mahasiswi memang sangat dibutuhkan. Apalagi tidak sedikit animo anak asli Papua, khususnya anak Marind bersekolah di Kota Merauke, namun tidak sedikit diantaranya harus kandas ditengah jalan. Penyebabnya, terbentur masalah biaya pendidikan dan biaya kebutuhan hidup sehari-hari.

“Mereka ke kota, ada yang harus numpang di rumah keluarga. Namun, mahasiswi ini jadi tidak fokus kuliah karena ada berbagai aktivitas dan kesibukan diluar kebutuhan kuliah yang harus mereka lakukan,” katanya.

Dengan adanya asrama permanen di Akper Merauke, disebut dapat membantu dan membuat mahasiswa lebih fokus, bersemangat dan rajin belajar. Paling perpenting, dapat mendorong dan memajukan orang asli Papua (OAP) dalam mengenyam pendidikan. (Nuryani/Arjuna)

Post Comment