Mengapa Kita Sebaiknya Menggendong Anak di Sisi Kiri?

Mengapa Kita Sebaiknya Menggendong Anak di Sisi Kiri?

Ilustrasi, Pemain FC Barcelona, Lionel Messi, menggendong anaknya, Thiago, menjelang laga kontra Real Sociedad di Stadion Camp Nou, pada 28 November 2015 | Ftoo: (LUIS GENE/AFP

Metro Merauke – Kebanyakan dari kita, baik ayah maupun ibu, terbiasa menggendong anak di sisi kiri, artinya dengan kepala anak berada di tangan kiri kita. Dan itu ternyata adalah cara yang benar.

Kita seringkali melakukannya tanpa sadar saat menggendong anak. Secara otomatis kita meletakkan kepala anak di tangan kiri kita, tanpa diperintah. Anehkah hal itu? Ternyata kita tidak sendirian karena nyaris 85 persen orangtua melakukan hal yang sama, termasuk yang kidal sekalipun.

Menurut study yang dipublikasikan Januari lalu di journal Nature Ecology and Evolution, 70 hingga 85 persen orangtua menggendong anaknya di sebelah kiri. Ini bukanlah sesuatu yang kebetulan atau cara nyaman agar tangan kanan kita bisa dipakai untuk melakukan hal lain. Kita ternyata memang diprogram demikian agar anak dalam gendongan kita lebih aman, kata study itu.

Para peneliti dari Universitas St Petersburg di Rusia menyebut fenomena ini sebagai “bias sisi kiri” dan ada alasan penting mengapa itu terjadi. Ternyata menggendong anak di sisi kiri tubuh membantu kita memiliki hubungan lebih dekat dengan anak.

Ilustrasi Ibu menggendong anak di sisi kiri | Foto: Wavebreakmedia Ltd

Alasannya, sisi kanan otak kita memproses informasi terkait emosi dan raut wajah. Dengan bayi di sisi kiri, kita bisa lebih tepat membaca ekspresi wajahnya, dan mengetahui apa yang dia inginkan.

Pada mamalia, termasuk manusia, sisi kanan otak berfungsi untuk memproses isyarat sosial dan membangun hubungan. Ini juga bagian otak yang menerima sinyal dari mata kiri. Dengan meletakkan anak di sisi kiri, mata kiri orangtua bisa menerima isyarat wajah anak lebih baik dan meneruskannya ke otak kanan.

Tidak heran, fenomena yang sama tidak hanya terjadi pada manusia, namun juga pada banyak hewan seperti walrus, paus orca, atau kanguru yang menempatkan anak di sisi kirinya. (Wisnubrata)

Sumber: Kompas

Advertisement