Jokowi Sebut Ada Jutaan Fans Trump di Indonesia, Ini Penjelasan Istana

Jokowi Sebut Ada Jutaan Fans Trump di Indonesia, Ini Penjelasan Istana

Presiden AS Donald Trump (kanan) dan Presiden Indonesia Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral di sela KTT G20 di Hamburg, Jerman, Sabtu (8/7/). Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menjadi pembicara pada Leaders Retreat KTT G20 atau G20 sesi I mengenai terorisme, Jumat 7 Juli siang waktu setempat | Foto: AFP/ SAUL LOEB

Metro Merauke – Presiden Joko Widodo menyebut, ada jutaan fans Donald Trump di Indonesia.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat tersebut di sela-sela Forum G20 di Hamburg, Jerman, Sabtu (10/7).

Pernyataan Jokowi itu dipertanyakan sejumlah pihak.

Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi mengatakan, pernyataan Jokowi itu merupakan bagian dari diplomasi atau pergaulan internasional.

“Kalau ada penggemar Trump di Indonesia itu ya memang ada kan. Cuma seberapa besar, saya tidak tahu Bapak Presiden memiliki data atau tidak,” kata Johan, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/7).

Johan mengatakan, diplomasi semacam itu tidak hanya digunakan Jokowi saat bertemu dengan Trump, tetapi juga dengan kepala negara lain.

Tujuannya, untuk mengakrabkan diri dan mencairkan suasana.

“Kemarin saya tanya juga, dengan Trump banyak guyonnya lah, dalam pembicaraan di pertemuan-pertemuan banyak becanda. Tapi tentu becandanya tingkat Presiden,” ujar Johan. (Ihsanuddin)

Sumber: Kompas

Advertisement