Tanda-Tanda Serius Kamu Mengalami Diabetes Tipe 2

Tanda-Tanda Serius Kamu Mengalami Diabetes Tipe 2

Foto: copyright by Pexels.com

Metro Merauke – Kamu tidak harus punya riwayat keluarga diabetes dulu jika bicara tentang serangan diabetes tipe 2. Siapa pun bisa terkena serangan diabetes jika gaya hidupya tidak sehat. Banyak orang tidak sadar jika ia mengalami diabetes karena tidak tahu tandanya. Sebelum terlalu parah, kenali apa saja tandanya.

1. Kamu makin gemuk
Bahkan bertambahnya 1 atau 2 kilo berat badan saja bisa meningkatkan risiko serangan diabetes. Menurut penelitian dari Diabetes Prevention Program, menurunkan 5-7% berat badan saja sudah bisa menurunkan risiko diabetes.

2. Kamu sering pipis
Sering buang air kecil adalah salah satu tanda umum karena tubuh tidak cukup memproduksi insulin (hormon yang membawa glukosa untuk diubah jadi energi) sehingga glukosa mengalir ke dalam aliran darah dan dikeluarkan lewat air seni.

3. Pandangan kabur
Tinggika kadar gula darah bisa menyebabkan glukosa masuk ke dalam lensa mata sehingga membuat cairan di dalam lensa mata keruh. Hal ini membuatmu mengalami pandangan kabur atau sulit melihat dengan fokus.

4. Berat badan turun drastis tanpa alasan
Awalnya kamu mengalami kegemukan, tapi setelah tubuh tak mampu lagi membuat insulin, glukosa dalam tubuh yang dikeluarkan lewat urin tidak bisa disimpan di dalam tubuh sehingga kamu mengalami penurunan berat badan dengan cepat.

5. Sering mengalami keputihan
Karena glukosa atau gula dalam darah menyebabkan pH miss V berubah dan lebih mudah mengalami keputihan atau munculnya cairan putih. Hal ini disertai pula dengan gatal di area vagina.

6. Munculnya lingkaran hitam di leher
Karena tubuh berusaha keras menghasilkan insulin, gula dari makanan tak bisa digunakan oleh tubuh, reseptor pada kulit merespon dengan cara membuat lebih banyak pigmen kulit dan berkumpul di area leher.

Jangan abaikan tanda-tanda ini, dan jika sudah mulai merasakannya, jangan tunggu lama untuk segera periksa ke dokter ya! (vem/feb)

Sumber: Vemale

Advertisement