Pendaftaran Anggota Panwaslu Merauke dan Boven Digoel Dibuka

Pendaftaran Anggota Panwaslu Merauke dan Boven Digoel Dibuka

Ketua tim seleksi calon anggota Panwaslu Kabupaten Merauke dan Boven Digoel, Yuliana Kolyaan

Metro Merauke – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua mulai menyiapkan perangkatnya di Kabupaten Merauke dan Boven Digoel jelang tahapan pelaksanaan pilgub, Papua, 2018 mendatang dengan membentuk tim seleksi calon anggota panwaslu kabupaten, 5-19 Juli mendatang.

Ketua tim seleksi calon anggota Panwaslu Kabupaten Merauke dan Boven Digoel, Yuliana Kolyaan, kepada wartawan mengatakan, seleksi dilakukan bertahap, mulai dari verifikasi berkas para calon hingga uji kelayakan dan kepatutan oleh Bawaslu Papua di Jayapura, untuk menetepkan tiga orang anggota panwaslu di kabupaten.

“Pada tahapan enam besar, barulah bawaslu melakukan proses uji kelayakan dan kepatutan, untuk mencari tiga besar anggota panwaslu terpilih dan tiga nama cadangan,” katanya, Kamis (6/7).

Menurutnya, hingga hari kedua pendaftaran, animo warga untuk mendaftarkan diri cukup banyak. Namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para pendaftar yang ingin mengikuti seleksi.

“Utamanya, anggota panwaslu harus netral. Tidak memihak pada salah satu partai politik. Syarat lainnya berpendidikan strata satu (S1), tidak pernah menjadi anggota parpol,” ujarnya.

Katanya, kalaupun pernah terlibat parpol, minimal telah mengundurukan diri dari organisasi parpol dalam kurun waktu lima tahun terakhir, namun yang utama harus netral. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement