Pemilik Ulayat Desak Pembangunan RS Tipe B Merauke Dihentikan

Pemilik Ulayat Desak Pembangunan RS Tipe B Merauke Dihentikan

H. Waros Gebze sedang bicara dengan Kadis Kesehatan Merauke, dr. Alfons Bolang

Metro Merauke – Salah satu pemilik tanah ulayat di Kamundu, Kabupaten Merauke, Papua, H. Waros Gebze mendesak pemerintah kabupaten setempat menghentikan pembangunan rumah sakit (RS) tipe B di wilayah itu

Desakan itu disampaikan Warsi lantaran lahan yang dijadikan lokasi pembangunan masih dalam status kepemilikan adat. “Tanah di Kamundu statusnya tanah ulayat dan masih dikuasai adat. Olehnya, kegiatan pembangunan RS Tipe B, harus segera dihentikan,” kata Waros kepada Metro Merauke, Kamis (6/7).

Menurutnya, pembangunan RS tipe B di Merauke, dilakukan beberapa bulan lalu berdasarkan surat yang dikeluarkan Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Imbuti. Namun penyerahan itu disebut sepihak dan dilakukan oknum yang mengkalim sebagai pemilik ulayat.

“Harus digarisbawahi, kalau itu tanah ulayat, maka bukan milik perorangan, tetapi kelompok,” ujarnya.

Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Alfons Bolang meminta kegiatan pembangunan dihentikan terlebih dahulu.

“Kalau sudah ada penyelesaian dengan beberapa marga sebagai pemilik ulayat tanah, barulah pembangunan boleh dilanjutkan,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement