DLH Janji Intensif Tangani Sampah di RSUD Merauke

DLH Janji Intensif Tangani Sampah di RSUD Merauke

Ilustrasi Sampah di Pasar Wamanggu, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merauke, Papua akan memprioritaskan penanganan sampah di RSUD setempat.

Hal itu dikatakan Kepala DLH Merauke, Harmini menanggapi pembahasan DPRD Merauke dan Direktur RSUD Merauke sehari sebelumnya, terkait beberapa hal di rumah sakit itu, termasuk masalah sampah.

“Kami akan menangani lebih intensif khusus sampah yang ada di rumah sakit. Memang rumah sakit itu kondisinya harus bersih, tidak bisa  tidak,” katanya, Kamis (6/7).

Menurutnya, pengangkutan sampah yang dilakukan pihaknya selama ini hanya sekali. Ini disebabkan keterbatasan mobil pengangkut. Selain itu, DLH juga melayani 2000 kepala keluarga dengan wilayah yang luas. Dari delapan mobil pengangkut sampah hanya lima yang bisa dioperasikan, tiga lainnya rusak.

“Kendaraan roda tiga ada 10 unit. Namun hanya lima yang terpakai, sisanya rusak. Bahkan mobil kepala dinas dan kepala bidang juga digunakan untuk mengangkut sampah mengantisipasi tidak terjadinya penumpukan sampah,” ujarnya.

Katanya, mungkin masyarakat tidak tahu, betapa sulitanya menangani sampah dengan sarana yang terbatas, sehingga sampah dibuang sembarangan, tidak pada tempatnya.

Kendala DLH lainnya, di Pasar Wamanggu dan Jalan Mandala Kota Merauke, warga protes kepada petugas sampah terkait penempatan kontainer sampah. Mereka tidak mengizinkan di lokasi itu ditempatkan kontainer sampah.

“Ini juga kesulitan kami. Tidak menempatkan kontainer salah, mau ditempatkan juga tidak diizinkan, sampah jadi berserakan dimana-mana,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement