Cara “Unlock” Laptop Windows 10 dengan Ponsel Galaxy S8

Cara “Unlock” Laptop Windows 10 dengan Ponsel Galaxy S8

Samsung Galaxy S8 dipamerkan saat peluncurannya di Indonesia | Foto: Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com

Metro Merauke – Samsung telah memperbarui aplikasi “Flow” buatannya. Kini, aplikasi itu bisa digunakan untuk membuka kunci alias unlocking perangkat-perangkat bersistem operasi Windows 10.

Sebelum melangkah ke tata caranya, perlu dicatat bahwa hanya sebagian ponsel Samsung yang kompatibel untuk unlocking perangkat Windows 10. Mereka adalah Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus, S7 dan S7 Plus, S6 dan S6 Edge, Note 5, A5, A7, dan Tab S3.

Ponsel-ponsel yang kompatibel itu harus berjalan pada sistem operasi Android Marshmallow ke atas. Khusus bagi tablet Samsung, sistem operasinya harus diperbarui ke Android Nougat, sebagaimana dilaporkan Hothardware dan dihimpun KompasTekno, Kamis (6/7).

Selain itu, perangkat Windows 10 yang akan di-unlock juga wajib mengaktifkan Windows Hello versi terbaru. Windows Hello merupakan fitur keamanan bawaan pada sistem operasi teranyar Microsoft.

Jika ponsel Samsung Anda kompatibel dan perangkat Windows 10 sudah aktif dengan Windows Hello, barulah bisa beranjak ke tata cara unlocking Windows 10 dengan ponsel Samsung sebagai berikut.

Pertama, instal aplikasi Samsung Flow di ponsel Samsung yang kompatibel dan di perangkat Windows 10. Aplikasi itu tersedia di Google Play Store maupun Windows Store.

Selanjutnya, buka aplikasi Samsung Flow di kedua perangkat. Pada perangkat Windows 10, pilih opsi untuk memasangkan alias pair dengan ponsel Samsung.

Anda akan diminta mengonfirmasi passcode untuk kedua perangkat. Jika sudah, Bluetooth pada ponsel Samsung dan perangkat windows 10 artinya sudah terhubung.

Setelah itu, klik tombol “register device” pada Windows 10 dan kembali konfirmasi passcode untuk kedua perangkat. Setel PIN dan fingerprint Anda pada ponsel atau tablet Samsung Galaxy. Perangkat Windows 10 sudah bisa dibuka menggunakan ponsel atau tablet Samsung dengan fingerprint. (***Fatimah Kartini Bohang)

Sumber: hothardware/kompas

 

Advertisement