Siswa baru SLTP di Kota Jayapura diperkirakan 5.307

Siswa baru SLTP di Kota Jayapura diperkirakan 5.307

Ilustrasi siswa SLTP Foto: Jubi/dok

Metro Merauke – Kepala Bidang Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Abdul Majid memperkirakan sebanyak 5.307 siswa baru akan diterima di SLTP dan MTs di Kota Jayapura tahun ajaran 2017-2018.

“Seluruh lulusan SD ini bisa terserap dan sudah menjadi kewajiban Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura semua anak usia pendidikan mendapat akses pendidikan,” katanya kepada wartawan, Selasa (4/7).

Tugas dan kewajibab dinas, tambahnya, menampung anak usia sekolah. Meski kendalanya menumpuk pada sekolah tertentu.

“Standar pelayanan SLTP itu minimal 32-36 anak per lokal, kami estimasi dan analisis itu memang kurang lebih 36-38 di bangku SLTP, ke depan harus ada penambahan ruang kelas di sekolah,” katanya.

Terkait penyelenggaraan penerimaan siswa secara online, ia mengakui waktu terbatas untuk melakukan sosialisasi sehingga pendaftar menumpuk pada pagi hari. Padahal pendaftaran online lebih sederhana.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura I Wayan Mudiasa menegaskan, tidak mungkin siswa tidak mendapatkan sekolah karena sudah dicanangkan wajib belajar 12 tahun mulai umur 7 hingga 19 tahun, di manapun ia tinggal. (***Hengky Yeimo)

Sumber: Jubi

 

Advertisement