Legislator Sebut Mobil Dinas untuk Menunjang Kinerja Dewan

Legislator Sebut Mobil Dinas untuk Menunjang Kinerja Dewan

Anggota DPRD Kabupaten Merauke, Papua, Heribertus Silubun

Metro Merauke – Anggota DPRD Kabupaten Merauke, Papua, Heribertus Silubun menyebut, pengadaan 24 mobil dinas untuk anggota dewan setempat bertujuan menunjang kinerja legislator dalam melaksanakan tugasnya.

Menurutnya, pengadaan kendaraan dinas itu bukan untuk pribadi anggota dewan. Namun dalam bentuk sistem pinjam pakai dan masyarakat perlu memahami ini dengan baik.

Selain itu kata dia, mobil tersebut akan menjadi aset DPRD Merauke, karena semua dokumen atas nama sekretariat dewan, bukan pribadi anggota dewan yang menerima.

“Saya akui kalau dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2004, disitu jelas bahwa pengadaan mobil maupun rumah jabatan, hanya untuk pimpinan dewan. Anggota, tidak diperkenankan,” katanya kepada Metro Merauke, Selasa (4/7).

Menurutnya, merujuk pada aturan itu, mobil itu bersifat pinjam pakai. Tidak untuk milik pribadi. Jika sewaktu-waktu ada aturan baru untuk ditarik, maka akan dikembalikan oleh setiap anggota DPRD Merauke.

“Memang ada PP Nomor 18 Tahun 2017, namun akan dipelajari dan dikaji panja DPRD.  Ya, kalau PP itu sama dengan PP sebelumnya, otomatis mobil akan dikembalikan kepada pemerintah,” ujarnya.

Ia mengakui memang ada pro dan kontra terkait pengadaan mobil itu. Namun ia menilai, Merauke terlalu kaku dibandingkan daerah lain. “Kalau di Kabupaten Boven Digoel, pemerintah membeli mobil untuk semua anggota dewan,” ungkapnya.

Padahal lanjut dia, APBD Boven Digoel, jauh dibawah APBD Merauke. Selain itu, permintaan pembelian sudah dikomunikasikan sepuluh tahun silam, namun baru terealisasi kini, ketika Frederikus Gebze menjabat bupati. (LKF/Arjuna)

Advertisement