Pendaftaran Siswa Baru di SMPN 1 Merauke Dijaga Polisi

Pendaftaran Siswa Baru di SMPN 1 Merauke Dijaga Polisi

Anggota Polres Merauke yang Berjaga di Pintu Masuk Halaman SMPN 1 Merauke, Papua

Metro Merauke – Terlihan suasana berbeda saat pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di SMP Negeri (SMPN) 1 Merauke, Papua, Senin (3/7). Puluhan personel Polres Merauke berjaga di lokasi sekolah.

Keberadaan anggota korps baju cokelat itu untuk membuka pemalangan masuk ke halaman sekolah yang dilakukan pemilik ulayat tanah dimana bangunan sekolah berdiri sejak sepekan terakhir, dan melakukan pengamanan pendaftaran siswa baru.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Felix Liem kepada wartawan mengatakan, pemalangan harus dihentikan supaya tidak menghambat proses belajar mengajar.

“Palang di sekolah sudah dibuka aparat. Sengketa yang dipersoalkan pemilik ulayat masih dapat dibicarakan bersama untuk mencari solusi tanpa harus menghambat pendidikan,” katanya, Senin (7/7).

Menurutnya, secara autentik, lokasi tanah di mana SMPN 1 Merauke berdiri telah bersertifikat. Untuk itu, masalah tersebut sebaiknya dibicarakan secara kekeluargaan.

“Tidak sampai memalang karena bisa mengganggu pelayanan publik, termasuk kelancaran pendidikan untuk anak-anak Merauke,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement