Kuota Siswa Baru di SMP YPK Merauke 200 Orang

Kuota Siswa Baru di SMP YPK Merauke 200 Orang

Suasana Pendaftaran Siswa/i Baru di SMP YPK Merauke, Papua

Metro Merauke – Kepala SMP YPK Merauke, Papua, Bernard O. Kawer menyatakan, kuota penerimaan siswa/siswi baru tahun ajaran 2017/2018 di sekolah yang ia pimpin sebanyak 200 orang.

Namun, jika nantinya jumlah pendaftar melebihi kuota, pihak sekolah tetap mengakomodirnya agar orang tua dan calon siswa tidak kesulitan. Pendaftaran pertama telah dilakukan sejak 24 Juni 2017. Kini jumlah pendaftar mendekati 200 orang. Belum lagi pendaftar gelombang kedua, 3 Juli 2017.

Untuk mengantisipasi membludaknya pendaftar, pihak sekolah akan menambah satu ruang belajar menjadi tujuh kelas, dengan memanfaatkan ruang perpustakaan.

“Sudah ada kesepakatan pembagian wilayah antara kepala sekolah dan dinas. Anak-anak tamatan SD yang di dekat sekolah itu ada SMP, tidak boleh kami terima agar mereka bisa mendaftar di sekolah yang dekat tempat tinggalnya, supaya ada pemerataan siswa,” jelasnya, Senin (3/7).

Menurut dia, pihaknya tidak bisa menolak keinginan orang tua dan anak untuk mendaftar di SMP YPK. Hanya saja, semua pendaftar akan dites kemampuannya.

Mereka yang dianggap kemampuannya kurang maksimal, akan dipisahkan dan dibuatkan kelas khusus dan akan ditangani lebih oleh para guru, sehingga dapat bersaing dengan siswa berkemampuan baik lainnya.

“Intinya kami tidak mau mempersulit dan mengecewakan orang tua dan siswa dengan berbagai aturan. Yang terpenting mereka bisa menerima ilmu dan bersekolah dengan baik,” ucapnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement