Dua Bus Damri Tak Dapat Melayani Rute Erambu-Domande

Dua Bus Damri Tak Dapat Melayani Rute Erambu-Domande

Ilustrasi Bus Damri di Merauke, Papua

Metro Merauke – Dua dari empat unit bus Damri di Kabupaten Merauke, Papua yang merupakan bantuan Kementerian Perhubungan belum dioperasikan hingga kini untuk melayani trayek perintis Erambu-Domande, karena kondisi jalan ke daerah itu tidak memungkinkan.

Kepala Stasiun Perum Damri Merauke, M. Situmorang mengatakan, dua unit bus berAC itu masih “dikandangkan” di Kantor Perum Damri. Bus baru akan dioperasikan jika kondisi rute Erambu-Domande benar-benar memadai. Langkah ini diambil karena pihaknya tak mau ambil resiko.

“Hanya dua bus baru yang melayani rute Kurik dan Sota karena jalannya memang memadai, dua bus lainnya masih stanby. Kalau jalan sudah bagus akan segera terlayani,” katanya kepada wartawan, Senin (3/7).

Ia menjelaskan, empat unit bus dari Kementerian Perhubungan yang tiba sejak April lalu tergolong moderen. Setiap bus berkapasitas 19 kursi dan dilengkapi pendingin udara. Demi menjaga kualitas bus, pihaknya mengingatkan masyarakat bersama menjaga kebersihan bus.

“Kami himbau penumpang tidak merokok, makan pinang selama perjalanan dan menempatkan barang bawaannya seperti hasil buruan dalam coolbox atau tempat yang aman, sehingga tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain maupun merusak AC bus,” ujarnya.

Katanya, kini kebutuhkan masyarakat terhadap pengunaan bus Damri semakin meningkat. Dengan begitu, sangat tepat jika pemerintah pusat memberikan perhatian tersendiri.

“Ini demi memajukan transportasi di Merauke, tentunya patut diimbangi dengan penyediaan infrastruktur jalan yang benar-benar memadai,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement