Tips Merawat Motor Kawasaki Ninja 250

Tips Merawat Motor Kawasaki Ninja 250

Ilustrasi | Foto: Google/seputar-satria.blogspot.com

Metro Merauke – Kawasaki Ninja 250 adalah salah satu seri motor sport yang sangat mumpuni dan tangguh di kelasnya. Fitur kendaraan yang handal dan performa yang maksimal membuat motor ini diminati oleh berbagai kalangan.

Untuk menjaga kehandalan dan performa motor Ninja 250 yang Anda punya, tentu saja Anda wajib merawatnya dengan baik dan maksimal. Hal ini harus dilakukan agar kenyamanan berkendara di jalan raya menggunakan motor kesayangan semakin optimal dan dapat berjalan lancar tanpa kendala. Berikut ini telah dirangkum beberapa tips merawat motor Ninja 250 agar tetap prima, antara lain:

Perawatan oli
Menjaga mesin agar tetap awet dan performanya maksimal dapat dilakukan dengan mengganti oli secara rutin sesuai merk oli terbaik dan berkualitas. Perawatan ini harus dilakukan secara rutin dan berkala, misalnya ketika motor mencapai 2000 Km perjalanan. Selain mengganti oli secara rutin, Anda juga harus memperhatikan cara berkendara yang baik. Motor Ninja 250 harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Gunakan bahan bakar terbaik
Untuk mendapatkan performa mesin dan hasil pembakaran yang optimal, sebaiknya pilihlah bahan bakar terbaik untuk motor Ninja 250 kesayangan Anda. Bahan bakar yang digunakan sangat menentukan kualitas performa mesin motor Anda sehingga rasanya sangat sayang jika kapasitas performa mesin yang tinggi tidak ditunjang dengan bahan bakar yang berkualitas. Meskipun harganya lebih mahal, tentu saja hal tersebut sangat berdampak pada perawatan mesin motor Anda.

Perawatan radiator
Selain oli dan bahan bakar, radiator juga harus diperhatikan dalam merawat motor Kawasaki Ninja 250 yang Anda gunakan. Caranya, gantilah air radiator dengan water coolant berkualitas yang dapat menjaga mesin agar tetap dingin dan suhunya terjaga. Water cooland dapat dibeli di berbagai toko yang menyediakan spare part motor atau kendaraan lainnya. Dalam mengganti air radiator dengan water coolant, Anda harus berhati-hati dan pastikan air radiator tidak dalam kondisi panas untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan.

Perawatan body motor
Selain fokus menjaga dan merawat kondisi mesin dan performa motor Ninja 250 kesayangan Anda, janganlah lupa untuk merawat body motor dengan mencucinya secara rutin supaya tidak pudar. Pastikanlah motor dicuci menggunakan shampo khusus yang formulanya teruji untuk membersihkan motor secara optimal sekaligus menjaga kondisi cat agar tidak mudah rusak. Selain itu, keringkanlah motor menggunakan kain microfiber yang menyerap air hingga bersih dan mengkilap. Supaya kondisi cat tetap terjaga, parkirlah motor di tempat yang teduh agar tidak terkena sinar matahari langsung yang berpotensi merusak warna cat motor Anda.

Bawa ke bengkel secara berkala
Setelah melakukan upaya perawatan motor sendiri di rumah, Anda juga dianjurkan untuk membawa dan melakukan pengecekan kondisi motor secara berkala di bengkel yang terpercaya. Hal ini ditujukan untuk memastikan bahwa kondisi motor kesayangan Anda selalu dalam kondisi yang prima dari luar dan dalam. Jangan sampai motor mengalami masalah karena akan sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara.

Itulah macam-macam tips yang dapat Anda praktekkan dalam merawat motor Kawasaki Ninja 250 yang biasa Anda kendarai sehari-hari ketika berpergian. Perawatan yang optimal dari luar dan dalam harus diupayakan agar kondisi motor selalu fit dan performanya optimal. Dengan demikian, kenyamanan dan keamanan berkendara yang Anda rasakan pun selalu terjaga berkat perawatan motor yang selalu diupayakan dengan baik dan berkala. (***)

Sumber : Berita Otomotif

Advertisement