GOR Toware Senilai Rp 37 Miliar Terbengkalai

GOR Toware Senilai Rp 37 Miliar Terbengkalai

GOR Toware, kampung Kwadeware distrik Waibu, kabupate Jayapura | Foto: Sentani News (Vito)

Metro Merauke – Karena, lokasi lahan di gedung olahraga (GOR) Toware, kampung Kwadeware distrik Waibu, kabupate Jayapura saat ini masih bersengketa soal hak ulayat dengan suku Tungkoye menyebabkan Pemerintah kabupaten Jayapura kurang memperhatikannya. Namun dalam waktu dekat akan direhab untuk digunakan sebagai tempat persiapan PON 2020.

Kepala dinas pemuda dan olahraga ( Dispora) kabupaten Jayapura, Hans Monim saat dihubungi Sentani News melalui ponselnya mengatakan, berdasarkan informasi dari Kabag hukum kabupaten Jayapura persoalan sengketa hak ulayat lokasi gor toware memang sempat ditempuh melalui jalur hukum.

Mulanya, kasus ini diajukan naik banding ke pengadilan, namun tidak jadi sehingga langkah satu-satu pemda diharuskan membayar ulang hak ulayat tanah kepada suku Tungkoye dan itulah yang menyebabkan, gor kurang diperhatikan, katanya, Kamis (15/6).

Lanjutnya, lantaran kurang diperhatikan itulah, akhirnya Kepala suku Tungkoye bernama, Lot datang ke kantor Dispora Jayapura mengatakan mendukung pemerintah merehab bahkan membangun kembali gor toware tersebut.

Dukungan tak lantas bisa diterima begitu saja, sebab kalau memang akan direhab maka lebih dulu dikoordinasi dengan Bupati Jayapura. Bagaimana keputusannya, dari Bupati nanti itulah yang akan dikerjakan. Bila, memang akan direhab maka kami siap melakukannya untuk tahun ini dan tahun depan juga. “ Gor itu akan direhab dulu, bila Bupati mendukungnya guna dipersiapkan dalam PON 2020 ,” ujarnya.

Terpisah, salah satu warga enggan dikorankan menyebutkan, kondisi gor toware itu kini memprihatinkan. Dimana, terlihat kumuh dan kotor, bahkan parahnya lagi disekitar areal ditumbuhi rumputan yang tinggi dan lebat hingga nyaris menutupi lokasi gor. Disatu sisi, sangat disayangkan sebab dalam membangunnya saja, membutuhkan anggaran sekitar Rp 37 Milliar tahun 2007-2011 lebih dimasa kepimpinan Bupati Jayapura, Habel Melkias Suwae.(vito)

Sumber: sentaninews

 

Advertisement