KPU Ajukan Rp 100 Miliar untuk Pilkada Jayapura dan Pilgub Papua

KPU Ajukan Rp 100 Miliar untuk Pilkada Jayapura dan Pilgub Papua

Foto: Ilustrasi Pilkada. ©2015 Merdeka.com

Metro Merauke – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mengusulkan anggaran Rp 100 miliar untuk penyelenggaraan Pilkada Jayawijaya 2018 yang akan dilaksanakan serentak dengan Pilkada Papua.

Anggota KPU Jayawijaya Divisi Logistik dan Keuangan, Effendi Pakpahan mengatakan usulan dana itu terbagi menjadi Rp 75 miliar untuk penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya dan Rp 25 miliar untuk Pemilihan Gubernur Papua. Pihaknya sudah mengajukan usulan permintaan dana hibah kepada Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

“Pemkab Jayawijaya sudah menyiapkan dana untuk kita terkait Pilkada Kabupaten Jayawijaya, dan sekarang kita ada persiapkan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD),” katanya seperti dilansir Antara, Rabu (28/6).

Sekretaris KPU Jayawijaya Joy Bukorsyom menambahkan, permintaan dana Pilkada 2018 lebih besar dibandingkan tahun 2017.

“Ini karena dana kampanye yang sebelumnya ada di partai politik, kini ditanggung oleh KPU dan pengadaan alat peraga ini yang paling banyak menyedot biaya,” katanya.

KPU dan pemerintah juga akan melakukan sharing dana untuk pelaksanaan Pilkada 2018. Semisal pembayaran honor penyelenggara akan ditanggung oleh KPU, sementara untuk biaya di luar dari honor penyelenggara akan ditanggung oleh pemerintah kabupaten dan provinsi. (noe)

Sumber: Merdeka

Advertisement