Merauke Butuh Dermaga Plensengan

Merauke Butuh Dermaga Plensengan

Ilustrasi Pelabuhan Merauke, Papua

Metro Merauke – Kabupaten Merauke, Papua butuh adanya dermaga plensengan untuk memudahkan ketika  kapal penyeberangan milik PT. Angkutan Sungai dan Pulau (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merauke menurunkan angkutan berupa kendaraan roda empat.

“Sesuai konsepnya, kapal kami hanya beroperasi sebagai kapal penyeberangan rol and rolup. Hanya memuat mobil. Kendalanya, setiap lintasan baik di Merauke maupun tempat lain yang dilayani ASDP, belum ada dermaga plensengan,” ujar General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merauke, Suharto, Kamis (22/6).

Menurutnya, fungsi dermaga  plensengan, memudahkan kendaraan roda empat keluar dan masuk ke kapal yang mengangkutnya.

“Selama ini kami sifatnya pinjaman dermaga milik swasta. Namun hanya bisa sesekali, tidak rutin. Kadang diperbolehkan, kadang tidak dan itu tidak bisa dipaksakan,” ujarnya.

Ia berharap, pemerintah setempat menfasilitasi kepada pemerintah pusat agar dermaga plensengan segera dibangun di Merauke. “Labih bagus dibangun semuanya, di Merauke, Muur dan Kimam,” katanya.

Dikatakan, keberadaan dermaga plensengan akan memperlancar arus muatan barang berupa kendaraan yang dilakukan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merauke dari daerah lain ke Merauke, dan dilanjutkan ke wilayah pedalaman di selatan Papua. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement