Asosiasi Bupati dan DPRD Selatan Papua Dideklarasikan

Asosiasi Bupati dan DPRD Selatan Papua Dideklarasikan

Deklarasi Asosiasi Bupati dan DPRD Selatan Papua, di Keppi, ibu kota Kabupaten Mappi, Selasa (20/6) malam.

Metro Merauke – Empat kabupaten di Selatan Papua yakni Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Asmat mendeklarasikan Asosiasi Bupati dan DPRD Selatan Papua, di Keppi, ibu kota Kabupaten Mappi, Selasa (20/6) malam.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze menyatakan, deklarasi itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu percepatan pembangunan di empat kabupaten di Selatan Papua.

Menurutnya, Asosiasi Bupati dan DPRD Papua Selatan telah lama digadang-gadang dan kini pembentukannya akhirnya dapat terwujud.

“Tujuannya, membangun kesepahaman, kesetaraan, keseimbangan pembangunan. Ini sebagai wujud persaudaraan, memang sudah lama diinginkan dan sepakat, namun baru dideklarasikan di Mappi,” katanya, Rabu (21/6).

Katanya, pembentukan asosiasi empat kabupaten penting, sebagai wujud persatuan di wilayah selatan, dan sebagai garda terdepan di wilayah timur Indonesia.

Asosiasi akan membantu anggotanya mempercepat pelaksanaan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif untuk kerjasama antar pemerintah daerah. Selain itu, tujuan asosiasi ini meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui demokrasi, peran serta masyarakat, keadilan, pemerataan yang memperhatikan potensi dan keanekaragaman daerah

“Tindaklanjutnya akan diadakan rapat kerja di Merauke untuk membahas program kerja 2018. Pembentukan Asosiasi Bupati dan DPRD empat kabupaten akan dilakukan audiens dengan presiden,” ujarnya.

Sementara Bupati Mappi, Kristosimus Y Agamewu ketika deklarasi mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti deklarasi dengan perencanaan berbagai hal yang diperlukan masyarakat di Selatan Papua. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement