Tanah Sengketa di Merauke Aset Dinas Kehutanan Papua

Tanah Sengketa di Merauke Aset Dinas Kehutanan Papua

Warga yang Mendiami Lahan Sengketa di Kelapa Lima, Distrik Merauke, Papua Ketika Menggelar Pertemuan Belum Lama Ini

Metro Merauke – Ketua Komisi A Dewan DPRD Kabupaten Merauke, Papua, Moses Kaibu menyatakan pihaknya telah mendapat surat dari Sekretaris Provinsi Papua, terkait tanah di Jalan Manunggal, Kelurahan Kelapa Lima, Distrik Merauke Kota.

Dalam surat tersebut dijelas, tanah yang kini menjadi sengketa antar kurang lebih 125 kepala keluarga yang menghuni lokasi dengan pihak yang mengklaim pemilik ulayat, merupakan aset Dinas Kehutanan Provinsi Papua.

Kepada Metro Merauke diruang kerjanya, Senin (19/6), Kaibu mengatakan, meskipun sudah ada surat, namun dalam waktu dekat, ia bersama beberapa anggota Komisi A akan ke Jayapura bertemu Sekda Papua dan anggota DPR Papua dari wilayah Selatan Papua.

“Kami ingin mendapatkan kepastian status tanah dimaksud yang sampai sekarang masih menjadi aset negara. Ini juga sebagai salah satu langkah dari dewan memperjuangkan aspirasi masyarakat yang sudah datang beberapa waktu lalu menyampaikan jika tanah yang ditempati, diganggu pemilik hak ulayat H. Waros Gebze,” ujarnya.

Katanya, oleh karena tanah itu aset provinsi, maka pihaknya harus ke Jayapura untuk bertemu pihak-pihak terkait. “Ya, kalau tanah itu aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke, tentunya kami langsung bertemu bupati,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement