Pengusaha OAP Datangi Balai Wilayah Sungai Merauke

Pengusaha OAP Datangi Balai Wilayah Sungai Merauke

Kepala Kantor Balai Wilayah Sungai Papua, Kabupaten Merauke, Nimbrot Rumaropen Ketika Menemui Para Pengusaha Asli Papua

Metro Merauke – Sejumlah pengusaha asli Papua atau orang asli Papua (OAP) di Kabupaten Merauke mendatangi Kantor Balai Wilayah Sungai Papua setempat, Senin (19/6). Mereka meminta diakomodir dalam pemberian paket proyek di instansi itu tahun ini.

Kepala Kantor Balai Wilayah Sungai Papua, Kabupaten Merauke, Nimbrot Rumaropen menemui perwakilan pengusaha asli Papua. Ia membenarkan tidak semua pengusaha asli Papua tidak kebagian paket pekerjaan tahun ini, lantaran terbatasnya proyek di Balai Wilayah Sungai. Hanya ada 13 paket pekerjaan fisik dengan nilai rata-rata dibawah Rp500 juta.

“Kami juga bingung mau baginya bagaimana. Paket yang ada hanya 13, sedangkan pengusaha Papua di Merauke cukup banyak,” katanya kapada wartawan usai pertemuan.

Menurutnya, tahun ini pihaknya mengerjakan 13 paket proyek yang tersebar di Kabupaten Merauke. Paket proyek tersebut berupa pekerjaan fisik diantaranya longstorik, saluran, dan  sumur bor. Dalam pertemuan dengan para pengusaha asli Papua, Balai Wilayah Sungai memberi penjelasan supaya tidak menimbulkan kesalah pahaman.

“Prinsipnya para pengusaha Papua minta diakomodir mengerjakan paket, kami coba upayakan. Mereka (pengusaha lokal) merupakan mitra. Mereka datang minta kejelasan mengapa ada yang dapat paket dan ada yang tidak,” ujarnya.

Dikatakan, dalam pengadaan langsung memiliki mekanisme dan aturan, sekalipun nilai pekerjaan dibawah Rp500 juta, pihaknya akan terus berupaya menggandeng pengusaha Papua untuk terlibat dalam pembangunan, lewat pengerjaan proyek di Balai Wilayah Sungai. Namun tentunya diimbangi dengan kualitas pekerjaan yang memadai.

“Untuk itu, setiap pekerjaan wajib dilakukan tandatangan kontrak. Jangan pengusaha Papua yang tandatangan kontrak, orang lain yang kerjakan. Apapun alasannya, secara hukum yang teken kontraklah yang akan bertanggungjawab,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement